Perum Jasa Tirta antisipasi kekeringan

Jum'at, 06 September 2013 - 13:16 WIB
Perum Jasa Tirta antisipasi kekeringan
Perum Jasa Tirta antisipasi kekeringan
A A A
Sindonews.com - Perusahaan Umum Jasa Tirta 1 Jawa Timur mengatur manajemen air guna mengantisipasi kekeringan dan krisis air pada musim kemarau tahun ini.

Manajemen air dilakukan agar cukup sampai akhir musim kemarau mendatang.

Direktur Teknik PJT 1, Raymond Valiant Ruritan, mengatakan musim penghujan saat ini tak bisa diramal akibat anomali cuaca.

Ia optimis persediaan air di tujuh waduk di sepanjang aliran sungai Brantas dan Bengawan Solo cukup untuk memasok irigasi persawahan, industri, bahan baku air minum, dan menggerakkan generator untuk pembangkit listrik.

"Persediaan air cukup sampai musim penghujan Oktober nanti," kata Direktur Teknik PJT 1, Raymond Valiant Ruritan, Jumat (6/9/2013).

Menurutnya, pasokan air di empat waduk utama di Jawa Timur, Waduk Sutami dan Selorejo di Malang, waduk Bening di Madiun dan waduk Wonorejo di Tulungagung masih melimpah.

Pasokan melimpah setelah PJT 1 bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) membuat rekayasa hujan buatan melalui teknik modifikasi cuaca pada bulan lalu sehingga membantu memasok air untuk cadangan selama musim kemarau.

Modifikasi cuaca dilakukan karen aliran air di DAS Brantas tak merata di seluruh Jawa Timur. Potensi air yang mengalir mencapai 12 miliar meter kubik pertahun. Modifikasi cuaca berhasil membantu pasokan air ke waduk terpenuhi.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3448 seconds (0.1#10.140)