Warga Desa Bajoe minum air kotor & bau

Rabu, 04 September 2013 - 14:29 WIB
Warga Desa Bajoe minum...
Warga Desa Bajoe minum air kotor & bau
A A A
Sindonews.com - Musim kemarau yang melanda Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengakibatkan sejumlah desa mengalami krisis air bersih sejak sepekan lalu. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa berjalan kaki sejauh satu kilometer menuju sumur di desa tetangga.

Kendati telah berjalan jauh, air dalam sumur tersebut tetap saja tidak bersih. Didorong keterpaksaan, akhirnya warga mengambil juga air tersebut untuk dikonsumsi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan pantauan wartawan di Desa Bajoe, Kecamatan Binuang, hampir setiap rumah warga memiliki sumur. Namun, kemarau yang terjadi saat ini membuat sumur-sumur milik warga tersebut kering. Alhasil, warga mencari sumber air di sumur desa tetangga.

Setelah melakukan pencarian panjang, akhirnya warga Desa Bajoe mendapatkan sumber air si sumur tetangga. Jarak untuk mencapai sumur di desa itu, warga harus menempuh satu kilometer berjalan kaki.

Namun sayang, sumber air yang ditemukan warga itu tidak layak minum, airnya bau dan kotor. Kendati begitu, warga terpaksa mengambil juga. Bahkan, jumlah warga yang mengambil air itu cukup banyak hingga menimbulkan antrean panjang warga. Masing-masing warga, hanya dibolehkan mengambil air dua ember.

Untuk mendapatkan air yang bersih dan layak minum, sebenarnya ada. Namun, warga harus menempuh jarak yang lima kali lipat jauhnya dari sumur desa tetangga tersebut, mencapai lima kilometer.

Akibatnya, dengan sangat terpaksa, warga menggunakan air yang kotor dan bau itu untuk minum sehari-hari. Mereka juga menggunakannya untuk mandi dan mencuci pakaian.

Ironisnya, wilayah ini sudah menjadi langganan kekeringan setiap tahunnya. Sadar akan sulitnya air di kawasan itu, warga mengajukan pengeboran sumur air kepada pemerintah. Namun setelah berkali-kali meminta, sumur bor tersebut tidak pernah ada.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1318 seconds (0.1#10.140)