Gunung Guntur waspada, wisata Cipanas tetap ramai

Sabtu, 31 Agustus 2013 - 12:41 WIB
Gunung Guntur waspada, wisata Cipanas tetap ramai
Gunung Guntur waspada, wisata Cipanas tetap ramai
A A A
Sindonews.com - Kendati Gunung Guntur dinyatakan berstatus waspada, sektor wisata di kawasan Cipanas, Garut, tetap ramai di akhir pekan. Padahal, lokasi wisata ini dengan gunung tersebut hanya sekira empat kilometer.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut Asep Irvan mengatakan, wisatawan dan pelaku usaha di kawasan Cipanas, tidak panik atas berubahnya status Gunung Guntur.

Menurutnya, tingkat kunjungan wisata ke kawasan itu masih normal. “Tidak ada penurunan. Jumlah kunjungan tetap biasa,” kata Irvan, kepada wartawan, di Garut, Sabtu (31/8/2013).

Ditambahkan dia, perubahan status di Gunung Guntur, telah lumrah terjadi sejak lima tahun terakhir. Hal itu mengakibatkan masyarakat dan pengelola wisata di sekitar gunung menjadi terbiasa dengan aktivitas gunung.

“Bagi para pelaku usaha, sepertinya sudah paham apa itu status waspada di Gunung Guntur, karena dari pengalaman yang lalu-lalu kami sudah dibekali informasi apa yang harus dilakukan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, yang harus diperhatikan pemerintah setempat adalah, PVMBG dan BPBD bisa memberikan informasi yang benar tentang kondisi waspada di kawasan itu.

Setelah mendapatkan informasi itu, diharapkan warga menjadi tahu harus seperti apa? Sebab, katanya, banyak orang awam yang tidak mengerti tentang status waspada di gunung itu. Sehingga, banyak diantara mereka yang bereaksi berlebihan. Padahal, kondisinya tidak seperti itu.

“Informasi apapun mengenai ancaman bahaya sangat penting diberikan kepada masyarakat. Namun, kalau tingkat ancaman bahayanya belum parah, jangan dibesar-besarkan. Berikan informasi yang sesuai dengan keadaan,” pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5758 seconds (0.1#10.140)