Blitar kurang pendidik, guru mobile diberlakukan

Kamis, 29 Agustus 2013 - 06:24 WIB
Blitar kurang pendidik, guru mobile diberlakukan
Blitar kurang pendidik, guru mobile diberlakukan
A A A
Sindonews.com - Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Blitar akan segera mengefektifkan sistem guru mobile. Sejumlah guru akan mengajar lintas jenjang (pendidikan) dan sekolah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Romelan, sistem mobile untuk menutup kekurangan jumlah tenaga pendidik di Kabupaten Blitar.

"Selain itu juga untuk melengkapi jam mengajar guru," ujarnya kepada wartawan, Rabu (28/8/2013).

Dari hasil pemetaan dinas pendidikan setempat, jumlah kekurangan guru di Kabupaten Blitar mencapai 1.066 dari total kebutuhan 4.067 guru. Sebagian besar kekurangan berada di sektor pendidikan sekolah dasar (SD).

Dengan sistem mobile, jelas Romelan, seorang guru SMP atau SMA yang kekurangan jam mengajar akan diperbantukan ke SD.

Hanya saja, guru yang terpilih tentunya sesuai dengan mata pelajaran yang dibutuhkan. "Sebab tidak semua guru bisa menjadi guru kelas," terangnya.

Sebagai terobosan, untuk ke depan, dinas juga akan mengembangkan sistem pembelajaran multigrade. Yakni satu guru mengajar rangkap untuk dua kelas," pungkasnya.

Sementara menanggapi hal itu, anggota DPRD Kabupaten Blitar, M Ansori, mengatakan apa yang dilakukan dinas hendaknya tetap mendasarkan pada kebutuhan siswa. Jangan sampai karena kekurangan tenaga pengajar, hak belajar siswa akan terabaikan.

"Jangan sampai yang dilakukan itu hanya formalitas belaka. Tapi harus benar-benar dijalankan secara maksimal," ujarnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7139 seconds (0.1#10.140)