Rekor MURI, 2.000 pelajar Pangkep makan Sop Saudara

Rabu, 21 Agustus 2013 - 17:38 WIB
Rekor MURI, 2.000 pelajar Pangkep makan Sop Saudara
Rekor MURI, 2.000 pelajar Pangkep makan Sop Saudara
A A A
Sindonews.com - Sekira 2.000 siswa dari 15 SMA di Kabupaten Pangkep mencatat rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam hal makan Sop Saudara terbanyak, Rabu (21/8/2013), yang digelar di alun-alun Citra Mas Pangkep.

Sebanyak 2.000 pelajar itu memadati tiga tenda yang disiapkan untuk menyantap Sop Saudara secara bersamaan. Sop Saudara adalah kuliner khas Pangkep yang berisi irisan daging, kentang, bihun dan bawang goreng.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, turut menghadiri kegiatan yang bertajuk Festival Makanan Ciri Khas Pangkep Sop Saudara 2013 ini. Syahrul datang bersama unsur muspida Pemprov Sulsel. Dia sangat antusias dalam kegiatan yang mencatat rekor Muri kategori peserta terbanyak.

Setelah berkeliling melihat langsung pemecahan rekor Muri makan Sop Saudara terbanyak, dia langsung menyantap Sop Saudara di meja khusus yang disiapkan panitia. Didampingi Ketua DPRD, Sulsel M Roem dan Bupati Pangkep , Syamsuddin A Hamid.

Ketua Asosiasi Pengusaha Sop Saudara (Apsos), Abd Waris, mengatakan rekor ini melibatkan 20-30 pedagang Sop Saudara. Pedagang dari Kota Makassar, Maros dan Pangkep sendiri. Apsos jauh hari telah mengkoordinir para pedagang untuk menyajikan Sop Saudara tersebut. Satu pedagang menyajikan 100 porsi untuk dinikmati. Sop Saudara dimasak pukul 05.00 wita dan membutuhkan waktu 120 menit.

Manager MURI, Sriwijayati, yang hadir di kegiatan tersebut menyambut baik. Dia pun berharap pencatatan prestasi kuliner khas Pangkep tidak hanya dikenal di Pangkep tapi di seluruh nusantara sebagai bagian dari kuliner khas Indonesia. Serta masuk di kalender event pariwisata di Sulsel.

"Jadi hari ini kami resmi mengesahkan piagam makan Sop Saudara peserta terbanyak di Pangkep," jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5444 seconds (0.1#10.140)