Wayang mampu membentuk karakter bangsa

Selasa, 20 Agustus 2013 - 20:01 WIB
Wayang mampu membentuk karakter bangsa
Wayang mampu membentuk karakter bangsa
A A A
Sindonews.com - Indonesia sebagai negara dengan beragam budaya warisan luhur membuat semua rakyatnya wajib bertanggung jawab melestarikan kebudayaan tersebut.

Pelestarian kebudayaan penting dilakukan karena tak hanya menjadi kekayaan bangsa Indonesia namun juga memiliki kebermanfaatan lebih lainnya.

"Satu di antara sekian banyak budaya yang harus terus dijaga kelestariannya adalah wayang. Pagelaran wayang kulit purwa sebagai satu warisan luhur budaya bangsa, mengandung nilai-nilai filosofis yang sarat dengan ajaran moral yang luhur dan ajaran budi pekerti yang sesuai dengan budaya dan kehidupan orang Indonesia," ujar Dosen Fakultas Filsafat UGM Dr Iva Ariani, Selasa (20/8/2013).

Menurut Iva, di dalam cerita-cerita wayang purwa terdapat nilai kesetiaan dan bakti terhadap orang tua dan guru, nilai kejujuran serta nilai kerendahan hati.

Karenanya, telah menjadi tanggung jawab generasi saat ini terhadap berbagai kekayaan budaya tersebut adalah untuk selalu memperkenalkan dan melestarikan ajaran-ajaran luhur dalam setiap sendi kebudayaan di Indonesia.

"Pengenalan budaya kepada anak cucu kita juga penting dilakukan, sehingga nilai-nilai yang ada di dalamnya akan selalu lestari, selalu terjaga dan terus berkembang dari generasi ke generasi," imbuhnya.

Iva menambahkan, nilai-nilai budi pekerti yang termuat dalam pagelaran wayang kulit purwa jika mulai diperkenalkan sejak dini pada generasi muda, akan dapat membentuk sifat dan karakter unggul warga Indonesia.

Dan di tahun-tahun yang akan datang, bukan tidak mungkin bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang maju, tidak hanya dalam bidang ilmu, pengetahuan dan teknologi, tetapi juga maju dan bermartabat dalam hal moral.

"Sebagai bagian dari kebudayaan bangsa yang sarat dengan ajaran budi pekerti, wayang juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi upaya penyelesaian berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini," tuturnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8336 seconds (0.1#10.140)