Gedung juang DHC 45 Solo akan direvitalisasi

Kamis, 15 Agustus 2013 - 15:25 WIB
Gedung juang DHC 45...
Gedung juang DHC 45 Solo akan direvitalisasi
A A A
Sindonews - Nasib gedung Dewan Harian Cabang (DHC) 45 di Jalan Kapten Mulyadi, Solo, Jawa Tengah, menemui titik terang. Kodam IV Diponegoro dan Pemkot Solo sepakat merevitalisasi bangunan cagar budaya yang menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia ini.

Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Infantri Sumirating Baskoro memastikan pemkot tak perlu khawatir upaya penyelamatan bangunan di lahan seluas 2.000 meter persegi itu akan ditolak. Sebab, Pangdam IV Diponegoro akhirnya mempersilakan tahapan revitalisasi dimulai di situs perjuangan bangsa Indonesia itu. Untuk membuktikan keseriusannya, Pandam IV bahkan meminta pemkot memaparkan konsep fisik dan pengembangan asetnya ini.

“Prosedural tengah diproses dan akan dipaparkan ke Pangdam IV Diponegoro. Kemarin saya sudah rapat dengan Dinas Tata Ruang Kota (DTRK), intinya semuanya dirunut dari awal lagi dengan penyusunan proposal baru,” kata dia usai menghadiri upacara peringatan Serangan Umum Empat Hari, di Balai Kota Solo, Kamis (15/8/2013).

Untuk diketahui, pemkot sebelumnya gagal mengalokasikan dana revitalisasi DHC 45 lantaran TNI belum mengizinkannya. Saat itu, pemkot berencana mengucurkan dana revitalisasi Rp4 miliar. Situs tersebut dinamai Brigif-6 dan terdaftar di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (sekarang BPCB) Jateng no 1396/101.SP.BP3/P-VI/2010.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, aset tersebut tetap milik TNI meski perawatan dan pengelolaan mendatang dipercayakan ke DHC 45. Aneka usulan bermunculan ihwal pemanfaatan DHC pasca revitalisasi, diantaranya untuk fasilitas umum dan museum perjuangan.

“Ada usulan dijadikan musemum dan fasum. Tapi dikemas secara modern, misalnya ada teknologi audio visual di dalamnya. Yang jelas tergantung proposal dan konsep yang akan diajukan DTRK,” jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0738 seconds (0.1#10.140)