Arus balik mulai warnai Jalinsum

Sabtu, 10 Agustus 2013 - 20:29 WIB
Arus balik mulai warnai Jalinsum
Arus balik mulai warnai Jalinsum
A A A
Sindonews.com - Arus balik kendaraan yang melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Lahat mulai terjadi. Khususnya di malam hari, intensitas jumlah kendaraan nampak ramai melintas.

Seperti terlihat pada Jumat 9 Agustus 2013 malam. Jumlah kendaraan yang melintasi jalanan kota Lahat nampak mulai ramai, khususnya dengan kendaraan pribadi maupun bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)

"Kita sejak awal sudah prediksi, dihari kedua arus balik sudah akan menghiasi jalanan Lahat, hal ini sudah diantisipasi," ungkap Kasatlantas Polres Lahat, AKP Agung Adhitya kepada wartawan, di Lahat, Sumatera Selatan, Sabtu (10/8/2013).

Untuk musim mudik dan balik tahun ini, memang semua persiapan diupayakan pemaksimalannya. Mulai dari penambahan tanda atau rambu lalu lintas jalan, hingga penempatan petugas disejumlah titik tertentu. "Mulai dari perbatasan Muaraenim, Pagaralam dan Empat Lawang, banyak kita dirikan posko pemantau lalu lintas, demi kelancaran pemudik," papar Agung.

Diakui Agung, diwilayah Lahat sendiri masih banyak titik-titik rawan yang mendapat atensi khusus, seperti rawan lakalantas, kejahatan hingga bencana alam. Maka dari itu, pemaksimalan petugas lapanganlah yang akan dilakukan nantinya. "Penambahan posko pemantau, petugas berseragam atau pakaian preman, hingga patroli rutin akan dilaksanakan," ujar Agung lagi.

Kapolres Lahat, AKBP Budi Suryanto MSi mengatakan, untuk musim arus mudik dan balik tahun ini, akan mencapai puncaknya pada H-3 dan H+3 Idul Fitri. Maka dari itu, instruksi untuk tetap siaga sudah diberikannya sejak jauh-jauh hari. "Petugas sudah disebar, koordinasi sudah diupayakan maksimal, semua demi kelancaran arus mudik dan balik yang ada," ungkapnya.

Untuk kawasan dalam kota sendiri, khususnya dipusat keramaian, seperti pasar lematang, menjelang hari Idul Fitri, pelaksanaan hingga pasca, juga akan dimaksimalkan pengawasan dan pengaturannya.

"Tak ada kemacetan, gangguan keamanan dan ketertiban, hingga berikan kenyamanan lainnya, itulah target kita dilapangannya," ujarnya.

Kapolres juga menghimbau kepada seluruh warga Lahat, khususnya yang berniat melakukan perjalanan selama lebaran, dan meninggalkan rumah, maka wajib memperhatikan keamanan dan kenyamanan rumahnya sendiri. "Pastikan rumah terkunci, dan segala bahaya terhindarkan, seperti kompor menyala dan elpiji," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9076 seconds (0.1#10.140)