Sehari, 6 orang tewas dalam kecelakaan

Rabu, 07 Agustus 2013 - 03:00 WIB
Sehari, 6 orang tewas dalam kecelakaan
Sehari, 6 orang tewas dalam kecelakaan
A A A
Sindonews.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sumut mencatat, hasil Operasi (Ops) Ketupat Toba 3013, pada H-3 arus mudik Lebaran, ada enam orang pengendara yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

Kasubbid Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Polda Sumur Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) MP Nainggolan mengatakan, pada perhitungan akhir hingga pukul 21.00 WIB, pihaknya mencatat ada sekira 760 pelanggaran.

"426 diantaranya ditilang, dan 334 mendapat teguran dari petugas di lapangan. Data itu kita himpun hingga pada pukul 21.00 WIB setiap harinya,” ujar MP Nainggolan, kepada wartawan, Selasa (6/8/2013).

Ditambahkan dia, dari jumlah pelanggaran tersebut, terdapat 14 kasus yang mengakibatkan enam orang meninggal dunia, lima orang mengalami luka berat, dan 20 orang mengalami luka ringan. Dari 14 kasus yang terjadi itu, kerugian materilnya diperkirakan senilai Rp12,4 juta.

”Jadi, dampak dari kejadian-kejadian atau pelanggaran lalu lintas itu mengakibakan orang meninggal dunia, luka ringan, dan luka berat. Selain itu, para pengendara juga dirugikan secara materil. Misalnya, kerusakan yang ditimbulkan akibat dari kecelakaan itu,” bebernya.

Masih kata Nainggolan, jumlah pemudik yang datang menggunakan jasa anggkutan udara di Bandara Kuala Namo Air Port Internasional (KNIA) sebanyak 5614 orang, angkutan laut sebanyak 1213 orang.

“Tetapi untuk kedatangan di Bandara KNIA sebanyak 6.623 orang. Sedangkan kedatangan pada angukutan laut sebanyak 3.758 orang,” ungkapnya.

Dia menyimpulkan, kejadian tersebut umumnya kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor manusianya (Human error), faktor kendaraan, dan kondisi jalan yang buruk.

“Banyak faktor sehingga terjadi kecelakaan, misalnya karena manusianya sendiri yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, kendaraan yang kurang layak dan faktor jalan yang mengalami kerusakan,” pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6598 seconds (0.1#10.140)