Ring Road Jaranan, rawan kecelakaan

Rabu, 31 Juli 2013 - 00:15 WIB
Ring Road Jaranan, rawan kecelakaan
Ring Road Jaranan, rawan kecelakaan
A A A
Sindonews.com - Kapolsek Banguntapan, Bantul Kompol Sudharsono mengakui jika ruas jalan ring road Jaranan, Banguntapan, Bantul rawan terjadinya kecelakanan lalu lintas (laka lantas). Ini lantaran ruas jalan tersebut menikung. Terutama di lokasi bus Damri yang menabrak truk pasir, Selasa (30/7) pagi.

“Karena itu, saya mengimbau kepada para pengendara kendaraan berhati-hati saat melintasi daerah tersebut,” kata Sudharsono.

Menurut Sudharsono untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, selain dengan tindakan preventif, yaitu dengan memasang rambu-rambu peringatan, juga akan melakukan rekayasa lalu lintas. Termasuk penguna jalan juga harus mematuhi peraturan yang ada. Sehingga dengan langkah ini diharapkan kasus laka lantas di sini dapat ditekan.

“Dari informasi warga didaerah Jaranan memang sering terjadi kecelakaan,” paparnya.

Sedangkan untuk penyebab terjadinya kecelakaan, menurut Sudharsono hingga sekarang masih dalam kajian, baik dari keterangan sopir bus dan truk serta saksi, juga hasil olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Karena itu, kami belum dapat memberikan keterangan untuk penyebab kecelakaan ini,” terangnya.

Warga sekitar, Subardi, menjelaskan di sekitar lokasi memang sering terjadi kecelakaan. Menurutnya hingga kejadian terakhir sudah terjadi tiga kali kecelakaan kendaran bermotor di tempat itu. Dari tiga kejadian tersebut, kecelakaan pertama melibatkan bus dengan truk dan kecelakaan kedua karombol.

“Kecelakaan pertama sama seperti kejadian hari ini, yaitu bus nambrak truk yang berhenti tidak ada korban jiwa hanya sopir truk luka parah, karena saat kejadian berada di bawah truk sehingga badannya tergencet dan kecalakaan kedua ada dua korban jiwa,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui bus bandara Damri AB 7353 AB yang membawa delapan penumpang dengan tujuan Bandara Adisutjipto Yogyakarta-Kebumen yang dikemudikan Hermanto menabrak truk pengangkut pasir D 9915 VA yang sedang berhenti karena bannya kempes di daerah Jaranan, Banguntapan, Bantul, Selasa (30/7). Saat kejadian sopir Truk yang diketahui bernama Sumarno tidak ada di tempat, sebab saat itu sedang mencari ban pengganti.

Walau tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian itu, menyebabkan enam penumpang menderita luka di wajah, tangan dan kaki, dan dua lainnya luka ringan. Sedangkan sopir bus mengalami luka di kaki. Sementara kondisi bus Damri sisi kiri depan ringsek dan kaca mobil depan copot, untuk truk bemper sisi kanan lepas.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0859 seconds (0.1#10.140)