7 lapas dan rutan baru di Jabar siap dihuni

Kamis, 25 Juli 2013 - 17:36 WIB
7 lapas dan rutan baru di Jabar siap dihuni
7 lapas dan rutan baru di Jabar siap dihuni
A A A
Sindonews.com – Untuk mengatasi kelebihan kapasitas di lapas dan rutan di Jabar, Kanwil Kemenkum dan HAM telah membangun tujuh gedung baru di Jawa Barat.

Kakanwil Kemenkum dan HAM Jabar I Wayan Dusak mengatakan, bangunan baru tersebut diharapkan bisa mengatasi jumlah tahanan di sejumlah tempat yang dirasa sudah tak layak huni atau over kapasitas.

“Ada tujuh yang sudah kita siapkan. Lima di antaranya sudah beroperasi, sedangkan yang satu tahun depan dan satu lagi belum ada struktural dan karyawannya,” terangnya, Kamis (25/7/2013).

Selain itu pembangunan lapas/rutan baru tersebut juga diharapkan bisa mengejar standar pengamanan yang selama ini masih dirasa kurang.

Saat ini, kata Dusak, jumlah penghuni berbanding dengan petugas adalah 1 berbanding 72 orang.

“Kita akan minimalkan menjadi 1 petugas berbanding dengan 50 orang tahanan,” jelasnya.

Lebih lanjut Dusak membeberkan, lima lapas/rutan yang telah digunakan pada tahun ini adalah Lapas Kelas 3 Warung Kiara dengan kapasitas 250 orang dan sudah dihuni 54 orang.

Kedua, Lapas Kelas 3 Gunung Sindur Bogor yang kapasitasnya 180 orang, dan baru diisi 61orang. Ketiga, Lapas Kelas 3 Banjar dengan kapasita 341 orang dan baru dihuni oleh 59 orang.
Selanjutnya, Lapas Anak Kelas 3 Bandung dengan kapasitas 50 orang dan baru dihuni oleh delapan orang.

“Bangunan yang sudah siap huni lainnya adalah Rutan Garut yang kapasitasnya 175 orang dan baru terisi 78 orang,” bebernya.

Sementara dua bangunan lainnya adalah Lapas Cikarang yang berkapasitas 150 orang sudah selesai namun belum ada pejabat structural dan pegawai.

Sedangkan Rutan Depok masih dalam proses pembangunan dan kemungkinan baru bisa beroperasi pada 2014 nanti.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8607 seconds (0.1#10.140)