Bentuk tim pengawas buah & sayur berformalin

Rabu, 24 Juli 2013 - 14:55 WIB
Bentuk tim pengawas buah & sayur berformalin
Bentuk tim pengawas buah & sayur berformalin
A A A
Sindonews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta Badan Ketahanan Pangan membentuk tim pengawas pasca penemuan buah dan sayur mengandung formalin, di sejumlah supermarket di Kota Makassar.

Ketua Komisi B DPRD Sulsel Aerin Nizar mengatakan, tim ini diharapkan tidak hanya menyasar pasar modern saja. Tetapi juga menyasar pasar-pasar tradisonal yang ada di Makassar guna mencegah beredar luasnya buah dan sayuran menggunakan bahan pengawet berbahaya tersebut.

Pasar tradisional, kata dia, tidak kalah rawannya dengan supermarket. Sebab di pasar seperti ini, tidak menggunakan lemari pendingin yang mampu membantu pedagang menjaga kesegaran buah dan sayur yang dipasarkan.

“Dari hasil pemarapan Kepala Badan Ketahanan Pangan, kembali ditemukan buah dan sayuran berformalin selama Ramadan ini. Jadi bukan hanya diakhir tahun 2012 lalu seperti pemberitaan media. Dan ini harus mendapat perhatian," ungkap Aerin seudai rapat kerja Komisi D, Rabu (24/7/2013).

Dia menyatakan, tim ini dibentuk untuk melakukan pengawasan dan penindakan atas dugaan sejumlah pasar tradisional dan supermarket menjual buah dan sayur yang telah diberi bahan pengawet berbahaya.

"Harus diputuskan mata rantainya dengan dilakukan peninjauan di lapangan. Semua stakeholder terkait akan dilibatkan dalam memerangi masalah yang membahayakan masyarakat ini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan (BKP Sulsel) Asri Pananrang mengakui jika dari hasil uji sampel pertama memang ditemukan formalin pada buah dan sayur yang beredar disejumlah supermarket di Makassar.

Saat ini pihaknya tengah melakukan uji sampel lanjutan untuk menentukan validitas pengujian. “Kalau hasil uji kedua telah dilakukan, kami berjanji untuk melakukan rilis ke publik,” katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7346 seconds (0.1#10.140)