Antisipasi terorisme, tamu 1X24 jam wajib lapor

Selasa, 23 Juli 2013 - 16:02 WIB
Antisipasi terorisme, tamu 1X24 jam wajib lapor
Antisipasi terorisme, tamu 1X24 jam wajib lapor
A A A
Sindonews.com – Kapolda Jabar Irjen Pol Suhardi Alius telah melakukan langkah koordinasi dengan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan untuk mengantisipasi adanya aksi terorisme seperti bom Mapolsek Rajapolah, Tasikmalaya, beberapa waktu lalu.

“Saya sudah bicara dengan Pak Gubernur untuk meminta disosialisasikan kembali wajib lapor 1x24 jam kepada seluruh aparat daerah,” kata Suhardi, Selasa (23/7/2013).

Menurutnya, langkah antisipasi dengan menggalakkan kembali wajib lapor 1x24 jam bagi tiap warga yang ingin menginap adalah sebuah langkah preventif yang dianggap efektif selama ini.

Dengan wajib lapor tersebut, pendatang atau tamu bukan hanya melaporkan diri pada pemilik rumah melainkan bisa langsung terdata oleh aparat berwenang setempat.

“Bagaimana pun kegiatan teror harus dihilangkan. Tapi satu hal, terror itu ada disekeliling kita, tidak mungkin kita (Polri) bisa menghadapi sendirian. Itu harus ada peran serta dari masyarakat juga,” jelasnya.

Peran serta tersebut, lanjut Suhardi, bisa berbentuk informasi kepada kepolisian setempat jika masyarakat mencurigai adanya kegiatan yang tidak lazim atau aneh di sekelilingnya.

Lebih lanjut saat ditanya perkembangan bom panci di Mapolsek Rajapolah, Suhardi mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Polda Jatim dan Tim Densus 88 untuk mengetahui apakah ada kaitannya penangkapan teroris di Tulung Agung dengan di Rajapolah.

Suhardi menilai, para pelaku bom panci memiliki kemampuan yang lebih disbanding pelaku lainnya. Pasalnya, para pelaku menggunakan HP sebagai mediator dan bisa merakit bom hingga sedemikian rupa.

“Mereka punya pendidikan dan kemampuan yan lebih. Oleh sebab itu dari penangkapan (teroris Tulung Agung) kita akan tanyakan kepada Densus apakah ada kaitannya dengan di Rajapolah. Mudah2an kita dapat informasi itu secepatnya,” tukasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6765 seconds (0.1#10.140)