Angka kejahatan di Makassar naik

Jum'at, 19 Juli 2013 - 17:45 WIB
Angka kejahatan di Makassar naik
Angka kejahatan di Makassar naik
A A A
Sindonews.com - Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Burhanuddin Andi, mengakui adanya tren peningkatan angka kejahatan di Kota Makassar dan sekitarnya menjelang Lebaran 2013 ini.

Dua kasus kejahatan yang paling menonjol, menurut Burhanuddin, yakni kasus pembobolan rumah dan kasus pencurian kekerasan atau perampokan.

"Kasus perampokan memang agak naik akhir-akhir ini. Itu yang menjadi pekerjaan rumah (PR) kita sekarang," akunya kepada SINDO, Jumat (19/7/2013).

Dua kasus perampokan menonjol dalam tiga hari terakhir ini, yakni perampokan nasabah bank di Jalan Saripah Kecamatan Panakkukang.

Dalam kasus itu, pelaku menggembosi ban dan memecahkan mobil korban, lalu membawa kabur uang tunai Rp210 juta. Belum lagi terhadap kasus perampokan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di dua titik sekaligus pada hari yang sama.

Hanya saja, Kapolda menganggap, rawannya tindak kriminalitas tersebut sudah diprediksi jauh-jauh hari sebelumnya oleh kepolisian.

"Kalau kalender kamtibmas memang begitu. Tiap jelang Lebaran, pasti ada peluang ke sana (kasus kejahatan). Makanya kita imbau masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada," pungkasnya.

Untuk mengungkap beberapa kasus menonjol di atas, pihaknya sudah membentuk tim buru sergap (Buser) dan tim khusus guna mengejar seluruh pelaku. "Sisa tunggu hasilnya saja. Untuk sekarang ini, masih terus dilakukan pengejaran," beber dia.

Terpisah, Kanit Reserse Mobile (Resmob) Ditkrimum Polda Sulselbar Kompol M Yadin menambahkan, hingga saat ini pelaku perampokan di Makassar dan Maros belum bisa diidentifikasi.

Menurutnya, meski modus operandi para pelaku sudah tak asing lagi bagi para penyidik, namun tetap pihaknya belum menemukan kelompok sindikat mana yang bertanggungjawab.

"Masih didalami terus. Kita kumpulkan bukti dan keterangan, semoga tak lama lagi bisa dibongkar," aku mantan Kasat Reskrim Polres Makassar Timur ini.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1522 seconds (0.1#10.140)