IJP-Joss siapkan 450 saksi

Rabu, 10 Juli 2013 - 20:27 WIB
IJP-Joss siapkan 450 saksi
IJP-Joss siapkan 450 saksi
A A A
Sindonews.com - Pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Pariaman Indra Jaya Pilliang - Jose Rizal (IJP-Joss) akan menerjunkan 450 orang saksi di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Pariaman yang digelar 4 September mendatang.

450 orang itu akan disebar di 150 TPS seluruh Kota Pariaman. Tiap-tiap TPS akan ditempatkan tiga orang saksi.

Calon wakil Wali Kota Pariaman Jose Rizal mengatakan, pihaknya telah menyiapkan ratusan saksi yang akan ditempatkan di sejumlah TPS pada saat pemungutan suara nanti.

Mereka yang dipilih menjadi saksi telah mendapatkan pelatihan yang digelar di Posko IJP-Joss di Desa Cubadak 6-8 Juli lalu.

"Para peserta pelatihan ini kami namakan Tim Sirangkak. Sirangkak ini bertugas sebagai saksi nantinya di tiap TPS sekota Pariaman. Kami rekrut tiga orang per TPS. Dengan jumlah TPS 150, maka sekarang telah dilatih 450 orang Tim Sirangkak," jelas Jose, Rabu (10/7/2013).

Menurut mantan Kasat Pol PP ini, peran seorang saksi ketika pencoblosan sangatlah penting.

"Saksi berperan penting, mereka memantau, mengawasi serta berhak untuk melaporkan setiap indikasi kecurangan maupun inprosedural yang mungkin terjadi," tuturnya.

Seorang saksi lanjutnya, juga dituntut mengerti aturan, berkarakter berani dan tegas sehingga tidak mudah dipengaruhi untuk berbuat teledor.

"Kami banyak belajar ke sejumlah Pilkada daerah lain. Para saksi yang tidak terlatih akan dengan mudah tergoda sehingga meninggalkan tugas utamanya yakni memperhatikan seluruh kegiatan pemungutan, penghitungan dan penandatangan lembaran c1,"imbuhnya.

Jose berharap pemilihan suara Pilkada Kota pariaman berlangsung fair dan jujur.

"Kalau seluruh calon sungguh-sungguh mengutamakan kemajuan kota Pariaman, maka tentu juga menjaga agar seluruh proses ini berjalan penuh kesahajaan, saling menghormati dan tidak menodai ranah demokrasi ini dengan hal-hal yang tidak ksatria," tandas alumni STPDN ini.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9339 seconds (0.1#10.140)