Saksi Cebongan dari tahanan, minta pakai sebo

Kamis, 04 Juli 2013 - 00:15 WIB
Saksi Cebongan dari...
Saksi Cebongan dari tahanan, minta pakai sebo
A A A
Sindonews.com - Para saksi dari warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Cebongan, Sleman, memohon diizinkan memakai sebo (penutup muka) dalam memberikan keterangannya.

"Karena mereka punya keluarga, kawan, dan sahabat yang banyak belum atau tidak tahu bahwa saat ini sedang berlabel sebagai seorang 'kriminal' dan bahkan sedang menjadi tahanan di Lapas," kata salah satu anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Teguh Soedarsono, Rabu (3/7/2013) sore tadi.

Oleh karena itu, lanjut dia, dalam persidangan yang bersifat terbuka dan dapat diliput mass media, akan menjadi dan menambah penderitaannya. "Karena merusak dan menghilangkan privasi mereka," tuturnya.

Hal itu juga diutarakan oleh Oditur Militer (Otmil) dalam sidang pemeriksaan saksi berkas pertama, di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, siang tadi.

"Para saksi dari tahanan yang didampingi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), meminta agar wajahnya disamarkan," kata Letkol Sus Budiharto.

Untuk warga tahanan yang menjadi saksi kasus tersebut sebanyak 31 orang. Terdiri dari 19 orang berstatus narapidana, dan sembilan orang statusnya tahanan. Saksi dari para tahanan tersebut rencananya akan dihadirkan sebanyak lima orang, pada Kamis (4/7/2013) besok.

"Ada tiga tahanan yang bebas. Namun, kita juga sudah menghubunginya," ucapnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8578 seconds (0.1#10.140)