Perancis ajak Yogya kerjasama pendidikan & pariwisata

Selasa, 02 Juli 2013 - 19:35 WIB
Perancis ajak Yogya kerjasama pendidikan & pariwisata
Perancis ajak Yogya kerjasama pendidikan & pariwisata
A A A
Sindonews.com - Perancis menawarkan kerjasama pendidikan dan pariwisata kepada pemerintah kota (Pemkot) Yogyakarta.

Perancis menawarkan kerjasama ini, saat duta besar (dubes) Perancis untuk Indonesia Mrs. Corinne Breuzé melakukan kunjungan ke pemkot Yogyakarta, Selasa (2/7). Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menerima langsung kunjungan tersebut di ruang kerja wali kota setempat.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti membenarkan Dubes Perancis untuk Indonesia Mrs Corinne Breuzé menawarkan kerjasama, pendidikan dan pariwisata kepada Yogyakarta. Satu bentuk kerjasama tersebut, yakni dalam hal pelatihan bahasa Perancis, baik untuk pemandu wisata (guide), maupun PNS di lingkungan Pemkot Yogyakarta.

“Pelatihan bahasa Perancis ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para wisatawan asing khususnya dari Perancis,” kata Haryadi usai pertemuan dengan dubes Perancis, di Balai Kota Yogyakarta.

Haryadi menjelaskan jika nanti kerjasama tersebut terealisasi, tentunya akan menambah bentuk kerjasama yang sudah terjalin antara Pemkot dan Perancis selama ini. Untuk itu, Pemkot mengharapkan ada pengembangan kerjasama di bidang lain. Terutama di bidang seni dan budaya.

“Untuk kerjasama seni dan budaya, saya berharap Lembaga Indonesia Perancis (LIP) di Yogyakarta dapat ikut mengakomodasi. Sehingga warga Yogya bisa mengenal budaya dan seni Perancis. Sebaliknya orang Perancis bisa mengenal budaya Indonesia khususnya budaya Yogyakarta,” harapnya.

Dubes Perancis untuk Indonesia Mrs Corinne Breuzé mengatakan penawaran kerjasama di bidang pendidikan dan pariwisata ini bukan tanpa alasan. Salah satunya Yogyakarta menjadi pusat pendidikan dan budaya di Indonesia. Karena itu, guan mengenal lebih lanjut tentang Yogyakarta, Perancis berharap bisa melakukan kerjasama di bidang tersebut.

“Kami harapkan nantinya kerjasama antara Perancis dan Yogyakarta bisa lebih intensif lagi,” harapnya.

Menurut Corinne Breuzé selain sebagai salah satu dari agenda lawatannya ke DIY, kunjungan ke Yogyakarta juga sebagai bentuk kehormatan bagi dirinya. Sebab kunjungan ke Yogyakarta ini merupakan kunjungan resmi pertama kali. Corinne Breuzé sendiri berada di Yogyakarta selama dua hari, yaitu mulai Senin-Selasa (1-2/7).
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3211 seconds (0.1#10.140)