Polisi: Bandit di Jalinsum bermodus arit rumput

Selasa, 02 Juli 2013 - 15:19 WIB
Polisi: Bandit di Jalinsum...
Polisi: Bandit di Jalinsum bermodus arit rumput
A A A
Sindonews.com - Situasi keamanan dan ketertiban di Kecamatan Rupit, Daerah Otonomi Baru (DOB) Musi Rawas Utara (Muratara) Kecamatan Rupit pasca bentrok belum benar-benar aman. Sebab, tindak kriminalitas marak terjadi.

Aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan pencurian dengan kekerasan (curat) sering terjadi. Berbagai modus dilakukan pelaku kejahatan. Salah satunya menjadi peternak hewan yang mengambil rumput di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Mura, AKBP Chaidir mengatakan pihaknya telah melakukan upaya meminimalisir kasus kriminalitas di Kecamatan Rupit. Seperti, razia kendaraan bermotor, senjata tajam (sajam) dan narkoba di jalan Kecamatan Rupit tepatnya di Desa Karang Jaya.

"Kita harapkan tokoh masyarakat, agama dan pemerintahan desa terkait untuk menjaga situasi kamtibmas dan membantu bersama aparat kepolisian melakukan meminimalisir kasus kriminalitas yang ada," ujar Chaidir, Selasa (2/7/2013).

Terpisah, Kepala Polisi sektor (Kapolsek) Rupit, AKP H Erdi Hamtazi mengatakan selama sebulan terakhir pihaknya mencatat ada 33 laporan polisi (LP) yang masuk ke Mapolseknya. Peningkatan tersebut yakni sebagian besar pencurian dengan kekerasan (curas) Jalinsum.

"Kepada masyarakat yang menggunakan sepeda motor agar berhati-hati. Modus pelaku berpura-pura mengarit rumput di pinggir jalan raya dan ketika korban sudah dekat, mereka menyeberang jalan lalu membacok korban," jelas Erdi.

Menurutnya, masyarakat yang hendak berpergian dan melewati wilayah Desa seperti Maur dan Batu Gajah hendaknya waspada. Sebab, untuk wilayah Desa Mau sudah ada 10 kejadian curas dengan modus pelaku berpura-pura menjadi pengambil rumput untuk makanan ternak.

Sedangkan di Desa Karang Waru sampai desa Karang Anyar, Kecamatan Rupit modus pelaku curas memepet korbannya, lalu mengambil kunci motor hingga membacok korban.

"Diharapkan masyarakat memperhatikan situasi ketika melintas di jalan desa tersebut. Untuk menghindari terjadinya tindak kriminalitas yang sering terjadi," tegas dia.

Sementara itu, seorang warga Desa Noman, Kecamatan Rupit, Imron menerangkan hal yang sama. "Harus hati-hati saat melintas di Jalinsum Rupit. Soalnya rawan, selain itu bandit Jalinsum juga pandai mengamati pendatang baru," kata Imron.

Dia menambahkan, bandit Jalinsum Rupit juga tak segan membunuh korbannya. "Pokoknya hati-hati, kalau pergi jangan sendiri-sendiri dan kalau tidak ada perlu, tidak usah melintas di lokasi," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8529 seconds (0.1#10.140)