Pembagian BLSM di Jombang ricuh, warga terinjak-injak

Senin, 01 Juli 2013 - 14:22 WIB
Pembagian BLSM di Jombang...
Pembagian BLSM di Jombang ricuh, warga terinjak-injak
A A A
Sindonews.com - Pembagian dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berlangsung ricuh. Karena kelamaan antre, ratusan warga yang sudah tidak sabar menunggu langsung merangsek maju hingga terlibat saling dorong dengan ratusan warga yang lainnya.

Karena kelelahan, seorang nenek renta terjepit dan nyaris terinjak-injak warga. Beruntung, anggota TNI yang berjaga segera mengevakuasi dan menggendong nenek tersebut ke tempat aman.

Tak hanya satu orang, puluhan nenek renta lainnya juga tampak terengah-engah terjepit ditengah himpitan massa. Oleh petugas, nenek-nenek ini langsung didahulukan masuk kearea kantor pos agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berbeda dengan hari pertama, tanpa sebab yang jelas, pembagian BLSM hari kedua, di Kabupaten Jombang, memang dipindahkan ke kantor pos. Padahal, sebelumnya pembagian dilakukan di masing-masing kantor desa, sehingga jumlah antrean warga tidak sampai membludak.

Aminudin, anggota DPRD Jombang yang meninjau jalannya pembagian BLSM mengaku prihatin dengan kericuhan tersebut. Apalagi, mayoritas warga yang antre dari enam desa, di Kecamatan Ngoro, ini sudah berusia lanjut.

Dalam waktu tiga jam, petugas hanya dapat membagikan BLSM untuk warga dari satu desa. Akibatnya, warga dari desa lain kelelahan menunggu dan kehilangan kesabaran.

Pada hari ketiga besok, Aminudin mendesak pemerintah dan kantor pos segera mengubah mekanisme pembagian BLSM kembali ke kantor-kantor desa agar kericuhan seperti ini tidak terulang.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1980 seconds (0.1#10.140)