Percepat proses, BLSM dicairkan di balai desa

Jum'at, 28 Juni 2013 - 16:57 WIB
Percepat proses, BLSM...
Percepat proses, BLSM dicairkan di balai desa
A A A
Sindonews.com – Bantuan Langsung Semenatara Masyarakat (BLSM) untuk Kulonprogo akhirnya dicairkan. Di hari pertama, BLSM dicairkan untuk 400 warga di tiga dusun yakni Kopat, Cekelan, dan Dukuh, Desa Karangsari, Pengasih.

Namun, penyaluran BLSM tahap pertama tidak dilakukan di Kantor Pos melainkan balai desa setempat.

“Pencairan BLSM sengaja di balai desa untuk mempermudah masyarakat. Untuk daerah lain masih diinventarisir. Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk pencairannya,” kata Kepala Kantor Pos Wates Abdullah, Jumat (28/6/2013).

Menurut dia, setiap KK akan menerima uang tunai Rp300 ribu untuk dua bulan dari total jatah Rp600 ribu untuk empat bulan.

Sedangkan penyaluran tidak harus di kantor pos, melainkan tergantung hasil koordinasi dengan pemerintah desa.

“Kendalanya ya karena serba mendadak, kartu baru datang pukul 01.00 dini hari 18 kantong dan masih kurang 6 kantong,” terangnya

Kepala Desa Karangsari Darmana mengatakan, penerima BLSM di wilayahnya mencapai 1.152 KK dari total penduduk 12.000 jiwa. Penyaluran BLSM di desa tersebut, lanjutnya merupakan penyaluran pertama di wilayah Kulonprogo.

“Ada 400 di tiga dusun pertama. Total dusun ada 12, dan distribusinya nanti kita lanjutkan Senin depan,” katanya.

Dia mengakui banyak kendala dalam proses penyaluran BLSM. Antara lain keterbatasan waktu karena berkas-berkas baru diterima Kamis 27 Juni malam oleh Kantor Pos. Juga keterbatasan jumlah tenaga untuk proses penyaluran BLSM.

“Kita baru bisa mulai memproses jam 10.00 pagi karena tenaganya terbatas,” kilahnya.

Di Desa Karangsari, penyaluran BLSM dilakukan bertahap. Senin 1 Juli 2013 BLSM akan didistribusikan untuk Dusun Josutan, Sendang dan Gunung Pentul.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7874 seconds (0.1#10.140)