Jelang sidang Cebongan, Dilmil Yogyakarta lakukan simulasi

Rabu, 19 Juni 2013 - 17:05 WIB
Jelang sidang Cebongan,...
Jelang sidang Cebongan, Dilmil Yogyakarta lakukan simulasi
A A A
Sindonews.com - Persiapan sidang perdana kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Cebongan, Sleman, di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, sudah mulai terlihat.

Kepala Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Letkol Chk Faridah Faisal mengatakan, gladi bersih mengenai persidangan tersebut merupakan kesiapan untuk menggelar sidang nanti.

"Iya, dilihat saja itu. Nanti ada humas yang akan menjelaskan," katanya saat ditemui di ruang sidang utama, Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Rabu (19/6/2013).

Dalam kesiapannya, juga terlihat monitor LCD yang rencananya digunakan untuk teleconference. Meski dipasang, untuk penggunaan metode tersebut sampai kini belum keluar ijinnya. "Belum ada ijinnya," katanya.

Metode teleconference berupa penyampaian keterangan dari para saksi kepada majelis hakim. Metode itu diusulkan oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) kepada Mahkamah Agung (MA) karena para saksi masih dalam keadaan trauma dan kurang kompeten.

Sebagaimana diketahui, sidang perdana kasus penyerangan Lapas IIB Cebongan, tersebut akan digelar besok dengan agenda pembacaan dakwaan.
Para tersangka sebanyak 12 anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) nantinya juga dihadirkan untuk mengikuti persidangan.

"Iya, sudah pasti. Besok mulai sekita jam 10," ujar Kepala Tata Usaha Urusan Dalam (Kataud) Pengadilan Militer II - 11 Yogyakarta, Kapten (Sus) Aulisa Dandel.

Sebelumnya, kasus penyerangan Lapas Cebongan terjadi pada sabtu 23 Maret 2013 lalu. Akibatnya, empat tahanan titipan Polda DIY tewas dieksekusi dengan tembakan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7994 seconds (0.1#10.140)