Anak putus sekolah di Mura, akan diberikan ketrampilan

Minggu, 16 Juni 2013 - 15:02 WIB
Anak putus sekolah di Mura, akan diberikan ketrampilan
Anak putus sekolah di Mura, akan diberikan ketrampilan
A A A
Sindonews.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Musi Rawas (Mura) telah mempersiapkan berbagai pelatihan keterampilan bagi anak-anak yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan formal mereka.

"Pelatihan yang diberikan kepada mereka sehingga memiliki skill untuk dikembangkan di masyarakat," jelas Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Retno melalui Kepala Bidang Bantuan dan Bencana Sosial, Azwar, Minggu (16/6/2013).

Menurutnya, dengan adanya pendidikan pelatihan kemampuan diharapkan anak-anak yang putus sekolah ini tetap bisa mengembangkan keterampillan dan potensi yang mereka miliki di bidang lain. Sehingga, mereka dapat menerapkannya di lingkungan tempat tinggalnya menjadi sebuah lapangan pekerjaan yang mandiri.

"Pemberian pelatihan ini diberikan berdasarkan bakat, minat, dan keterampilan masing-masing anak, seperti menjahit, bengkel otomotif, maupun pertukangan dan bangunan. Hal ini agar mereka benar-benar mendalami dan menekuni pelatihan yang diberikan sehingga nantinya dapat diterapkan untuk mencari penghasilan yang lebih baik," jelasnya.

Untuk mencari siswa putus sekolah, Dinsos melakukan pendataan dengan menggelar kerja sama dengan aparatur pemerintahan tingkat desa. Sehingga diketahui anak-anak putus sekolah.

"Selain itu juga ada tim yang secara berkala melakukan pemantauan ke dasa-desa yang disinyalir terdapat anak putus sekolah,"jelas dia.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5026 seconds (0.1#10.140)