Lestarikan budaya, Disbudpar drop alat musik ke seniman

Jum'at, 14 Juni 2013 - 14:32 WIB
Lestarikan budaya, Disbudpar drop alat musik ke seniman
Lestarikan budaya, Disbudpar drop alat musik ke seniman
A A A
Sindonews.com - Untuk melestarikan kesenian lokal, Dinas Kebudayaan dan Pariwasata Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan, memberikan sejumlah alat musik ke seniman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Susilawati melalui Kabid Kebudayaan, Hamam Santoso mengatakan, bantuan alat musik tersebut diberikan pada Juli mendatang.

Bantuan alat musik berupa enam unit orgen tunggal, dua unit gitar akustik, hadro (alat rebana), jimbe (alat perkusi), tamborin, maramis.

"Bantuan langsung diberikan kepada seniman desa yang telah diinventarisir terlebih dahulu," ujar Hamam di kantornya, Jumat (14/6/2013).

Menurutnya, pemberian bantuan alat musik ini telah diberikan secara berkesinambungan kepada para seniman. Tahun 2013 ini diberikan kepada enam desa di kecamatan yakni, Muara Lakitan, MuaraKelingi dan Kecamatan Selangit. Sedangkan tahun 2012 yang lalu diberikan dua desa yakni, Desa Tambangan Kecamatan BTS Ulu dan Desa Mukti Karya.

Selain itu, pembinaan diberikan kepada seniman melalui kades setempat. Artinya, alat musik yang ada untuk dipergunakan bukan disimpan.

"Diharapkan peran pemuda khususnya Karang Taruna proaktif menggali bakat seni yang ada dimasyarakat dengan peralatan yang ada," ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5246 seconds (0.1#10.140)