Mendagri beri amanah Gubernur Jabar

Kamis, 13 Juni 2013 - 19:29 WIB
Mendagri beri amanah Gubernur Jabar
Mendagri beri amanah Gubernur Jabar
A A A
Sindonews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi memberikan sejumlah amanah kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan (Aher).

Salah satu poin yang diamanahkan Gamawan kepada Aher adalah peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) dan penataan tata ruang. Disampaikan Gamawan kepada Aher, angka IPM harus berada di atas angka 80.

Menurut Aher, untuk itu dibutuhkan upaya multisektoral. Sebab, penilaian IPM didasarkan pada banyak aspek mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga kesejahteraan masyarakat. Tapi peningkatan IPM tidak bisa dilakukan dengan instan. Perlu proses panjang agar semua itu bisa diwujudkan. Bahkan berdasarkan hitung-hitungan BPS, Jawa Barat akan meraih IPM tertinggi pada 2023.

"Insya Allah jelang 2024 IPM Jabar sudah di atas 80," ujar Aher di Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/6/2013).

Berbagai langkah akan dilakukan Aher dan Deddy Mizwar yang kini jadi wakilnya. Setidaknya setelah dilantik, keduanya akan fokus membenahi berbagai kekurangan di Jabar dan meningkatkan hal-hal yang selama ini sudah dicapai.

Salah satunya adalah percepatan sekolah gratis hingga sekolah tingkat SMA. Hal itu akan mulai digarap pada APBD Perubahan tahun ini. "Seara bertahap kita mulai pada 2013 sehingga pada 2014 (sekolah gratis) sudah berjalan secara utuh," jelas Aher.

Soal tata ruang, ia mengatakan saat ini di Jabar sudah ada perda yang mengatur soal tata ruang. Perda itu akan bersinergi dengan perda tata ruang di kabupaten dan kota se-Jabar. Saat ini, tinggal dua daerah yang belum memiliki perda tata ruang dan itu masih dalam proses.

Dalam perda itu tercantum dengan jelas bagaimana suatu lahan harus dipertahankan sebagai sawah, lokasi hijau, serta berbagai aturan lainnya. Ada sanksi tegas dalam perda itu.

"Kalau ada pelanggar kan gampang mengetahuinya, kalau bukan pengusaha, ya pemberi izin," ungkap Aher.

Sementara ketika disinggung kesiapannya tetap rukun dengan Deddy Mizwar hingga akhir masa jabatan, ia menyanggupinya. "Insya Allah kita akan selalu kompak dari awal sampai akhir," tandasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5953 seconds (0.1#10.140)