Enam desa di BTS Ulu kekeringan

Senin, 10 Juni 2013 - 14:53 WIB
Enam desa di BTS Ulu kekeringan
Enam desa di BTS Ulu kekeringan
A A A
Sindonews.com - Sebanyak enam desa di Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan, mengalami krisis air. Akhirnya, ribuan warga ini memanfaatkan air sungai yang sudah keruh untuk mandi, cuci, dan kakus sehari-hari.

Camat BTS Ulu, Dedi Januarsa mengatakan, enam desa yang mengalami krisis air bersih meliputi Desa SP 3, 4, 5, 7, 8, dan 9. Masyarakat terpaksa memanfaatkan aliran air Sungai Keruh untuk mandi sekaligus mencuci.

"Penggunaan air keruh ini sudah dilakukan dalam sebulan terakhir," ujar Dedi di kantornya, Senin (10/6/2013).

Untuk mengatasinya, Dedi mendesak agar pembangunan proyek perusahaan daerah air minum (PDAM) di BTS Ulu segera dilaksanakan. Apalagi lokasi sudah disiapkan, dekat dengan enam desa tersebut sehingga memudahkan proses pengaliran.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Air Minum Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK), Sabam Siagian menjelaskan pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lokasi. Rencananya pembangunan proyek PDAM dilakukan di 2014, Tetapi saat ini masih terkendala dengan lokasi lahan yang belum ada.

"Memang disana akan dibangun PDAM, rencananya 2014. Kita sekarang nunggu pihak kecamatan terkait kesiapan lahan," kata dia

Dia menambahkan, pihaknya tidak mengetahui jelas berapa nilai pembangunan proyek PDAM di lokasi tersebut. Sebab, pembangunan PDAM disejumlah wilayah Kecamatan di Kabupaten Mura sudah dilakukan dan dimanfaatkan masyarakat diantaranya di Kecamatan Rupit, Karang Jaya, dan Kecamatan Tugumulyo.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8433 seconds (0.1#10.140)