Akhirnya, Festival Toraja siap digelar Agustus 2013

Senin, 10 Juni 2013 - 14:25 WIB
Akhirnya, Festival Toraja...
Akhirnya, Festival Toraja siap digelar Agustus 2013
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja memastikan Festival Toraja tahun 2013 digelar pada bulan Agustus mendatang.

“Sudah ada kepastian soal pelaksanaan Festival Toraja tahun 2013. Jika tidak ada aral melintang, Festival Toraja akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 22-24 Agustus 2013,” ujar Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung di Makale, Senin(10/6/2013).

Theofilus menyatakan sesuai kesepakatan antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan Pemkab Tana Toraja dan Toraja Utara, pembukaan Festival Toraja 2013 akan dipusatkan di kawasan wisata Pallawa, Kabupaten Toraja Utara. Sementara penutupan Festival Toraja dipusatkan di lapangan Ge’tengan, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja.

Selama pelaksanaan Festival Toraja berlangsung akan dimeriahkan berbagai kegiatan seni, budaya dan permainan rakyat yang ada di masyarakat Toraja.

Selain dihadiri masyarakat Toraja baik yang tinggal di Toraja maupun yang ada di perantauan, Festival Toraja 2013 juga direncanakan akan dihadiri sekira 300 saudagar Bugis-Makassar serta peserta Kongres Diaspora Indonesia serta ribuan wisatawan domestik dan mancanegara.

“Pembukaan Festival Toraja dilaksanakan di Toraja Utara dan penutupan dilaksanakan di Tana Toraja. Pembukaan Festival Toraja 2013 akan digelar pameran kerajinan dan kuliner tradisional Toraja, sedangkan saat penutupan akan dipentaskan seni dan budaya Toraja,” kata Theofilus.

Theofilus mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Festival Toraja 2013 untuk lebih memperkuat posisi Toraja sebagai ikon destinasi wisata di Indonesia pada umumnya dan di Sulawesi Selatan pada khususnya. Sekaligus sebagai sarana mempromosikan budaya Toraja baik di tingkat nasional maupun internasional.

Festival Toraja itu akan ditetapkan menjadi event pariwisata tahunan sama seperti event Lovely Desember yang sudah empat tahun berturut-turut secara bergantian di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Menurut Theofilus, pelaksanaan Festival Toraja dirancang dalam skala internasional. Dengan begitu, pada pelaksanaan Festival Toraja ke depan tidak hanya diikuti oleh Toraja saja tetapi juga seluruh daerah di Indonesia serta mancanegara akan ikut ambil bagian di dalamnya.

Sejauh ini, pemerintah provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang sudah menyatakan kesiapannya untuk mengirim delegasinya ikut ambil bagian dalam Festival Toraja, Agustus mendatang.

Semua kegiatan promosi Festival Toraja 2013 akan ditangani tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara tanggung jawab pemkab Tana Toraja dan Toraja Utara membangun kesadaran masyarakat agar siap menerima even berskala internasional yang baru pertama kali dilaksanakan di daerahnya.

“Semua kegiatan yang dilaksanakan dalam festival Toraja akan melibatkan partisipasi dari seluruh masyarakat Toraja,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja (Disbudpar) Tana Toraja, Jidon Sitohang menyatakan Pemkab Tana Toraja mulai melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan festival Toraja 2013. Salah satunya penataan lingkungan dan mendorong kesadaran masyarakat menjaga kebersihan di sekitar tempat tinggalnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)