Ditipu, jamaah umrah laporkan travel Muzdalifah ke Polisi

Selasa, 04 Juni 2013 - 22:44 WIB
Ditipu, jamaah umrah laporkan travel Muzdalifah ke Polisi
Ditipu, jamaah umrah laporkan travel Muzdalifah ke Polisi
A A A
Sindonews.com - Puluhan calon jemaah umrah laporkan dugaan penipuan yang dilakukan oleh biro haji dan umroh Muzdalifah yang berkantor di Jalan Sumbawa ke Mapolrestabes Bandung.

Salah satu jemaah, Hasbi Ash Shiddiq (32) menjelaskan, awalnya dia dijanjikan akan umroh pada 15 Maret 2013. Namun hingga April hal yang dijanjikan itu tak kunjung terlaksana.

Hasbi yang memiliki 73 jemaah lainnya ini sempat menanyakan langsung kepada pihak travel. Namun tak ada jawaban pasti atas janji-janji untuk diberangkatkan umroh.

“Kami datang untuk melaporkan dugaan penipuan dan pengelapan oleh agen travel dengan penanggung jawabnya SR,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (4/6/2013).

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyesalkan total uang jamaahnya yang mencapai Rp 950 juta seolah lenyap tanpa realisasi atau pengembalian dari pihak travel.

Ditempat yang sama, Bambang Kartadireja (66) juga menyesalkan perbuatan travel yang telah melakukan dugaan penipuan. “Saya sudah ngecek ke Departemen Agama, ternyata agen Muzdalifah itu tidak terdaftar,” katanya.

Menurutnya, dari data yang ada total jemaah yang tertipu ada sebanyak 435 orang. Para jamaah bukan hanya berasal dari Kota Bandung saja namun ada juga yang berasal dari Cimahi, Garut, Cianjut, Jakarta, dan Lampung.

“Biaya umroh bervariasi, mulai dari Rp 14 hingga Rp 19 juta. Kalau dihitung total dengan seluruh pendaftar itu mencapai Rp 6 miliar,” bebernya.

Atas dugaan penipuan tersebut, Senin (3/6/2013) malam salah seorang jemaah Sri Iriani (55) telah membuat laporan Kepolisian dengan nomor LP 1394/VI/2013/POLRESTABES.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5360 seconds (0.1#10.140)