Polisi bidik pensiunan pejabat museum

Senin, 03 Juni 2013 - 13:08 WIB
Polisi bidik pensiunan pejabat museum
Polisi bidik pensiunan pejabat museum
A A A
Sindonews.com - Fakta hasil penanganan kasus hilangnya koleksi masterpiece Musium Sonobudoyo mulai sedikit terkuak. Dari hasil koordinasi terkahir Dinas Kebudayaan DIY dengan Polresta Yogyakarta, penyelidikan mengarah pada seorang tersangka.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH Yudhoningrat mengatakan, sejumlah keterangan yang diterima penyidik mengarahkan adanya oknum pensiunan pejabat di musium tersebut menjadi tersangka. Kabar tersebut tentunya, sedikit menjadi angin segar setelah proses penyelidikan dari aparat kepolisian berlangsung lebih dari 1.000 hari.

"Masih banyak hal yang harus ditempuh. Namun dari pembicaraannya dengan Kapolresta Yogyakarta, ada sejumlah keterangan yang bisa mengarah ke tersangka yakni salah satu pensiunan mantan pejabat Museum Sonobudoyo," tandas Gusti Yudho, Senin (3/6/2013).

Sejumlah fakta yang terkuak dari proses penyelidikan adalah, keberadaan kunci koleksi yang seharusnya dipegang dan disimpan oleh masing-masing kurator. Namun demikian, pada saat koleksi hilang diketahui seluruh kunci penyimpanan koleksi justru dikumpulkan ke Kepala Musium.

Fakta lain adalah, adanya kebijakan untuk mematikan kamera CCTV setelah habisnya jam kerja. Kebijakan untuk menjaga keamanan koleksi selama 24 jam tersebut justru tidak dilakukan.

"Pejabat tersebut kini sudah pensiun. Tetapi sebelum pensiun dari Pemda DIY telah menegur dan kenaikan pangkatnya sempat ditunda setahun," tambahnya.

Dari catatan Birokrat yang masih kerabat Keraton Yogyakarta tersebut, pensiunan mantan pejabat tersebut hingga kini masih belum terbukti bersalah. Hal tersebut mengakibatkan seluruh kompensasi sebagai pensiunan masih tetap diberikan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1305 seconds (0.1#10.140)