Puluhan hektar tambak di Kendal rusak dihantam rob

Minggu, 02 Juni 2013 - 11:27 WIB
Puluhan hektar tambak di Kendal rusak dihantam rob
Puluhan hektar tambak di Kendal rusak dihantam rob
A A A
Sindonews.com - Puluhan hektar tambak di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, rusak terendam air pasang atau rob.

Air yang mulai naik sejak pagi, merendam tambak dan menghanyutkan ikan bandeng. Untuk mengantisipasi ikan tidak hanyut terkena rob, petani tambak memasang jaring sepanjang tambak. Kerugian akibat rob atau air pasang, mencapai lima puluh juta rupiah.

Setidaknya ada sebelas titik yang jebol akibat air pasang atau rob di wilayah tersebut. Wilayah yang parah terendam rob, adalah tambak di Desa wonorejo, kecamatan Kaliwungu, Kendal. Di sana, ketinggian air pasang mencapai 50 centimeter dan menenggelamkan tanggul pembatas tambak.

"Tidak sedikit ikan bandeng yang ada ditambak hanyut. Biasanya air laut mulai pasang saat pagi hingga sore hari, kami terpaksa memasang jaring dan jala di sepanjang tambak untuk mencegah ikan hanyut saat rob," jelas seorang petambak, Nurkhozin, Minggu (2/6/2013).

Tambak miliknya yang hampir 10 hektar, hampir setiap air pasang atau rob tergenang. Bahkan tambak yang terdiri dari empat petak itu, jika terendam rob hanya menjadi satu petak saja.

"Selain memasang jaring dan jala di sepanjang tanggul tambak yang sudah ditinggikan, kami biasanya memasang sejumlah perangkap di tempat pembuangan air," jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5736 seconds (0.1#10.140)
pixels