Ratusan pendukung Cabup ngamuk, debat kandidat dibatalkan

Sabtu, 01 Juni 2013 - 14:19 WIB
Ratusan pendukung Cabup ngamuk, debat kandidat dibatalkan
Ratusan pendukung Cabup ngamuk, debat kandidat dibatalkan
A A A
Sindonews.com - Debat kandidat yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang berlangsung ricuh. Ratusan pendukung calon bupati yang tidak bisa masuk arena debat mengamuk. Beruntung emosi mereka bisa diredam setelah KPU menyediakan televisi di luar ruangan.

Acara debat kandidat Cabup/Cawabup Jombang di Hotel Yusro, Jombang, Jawa Timur sempat ricuh setelah ratusan pendukung Cabup tidak dibolehkan masuk oleh KPU. Mereka semakin emosi karena KPU tidak menyediakan layar televisi agar mereka bisa mengikuti acara debat dari luar.

Akhirnya, ratusan pendukung mencoba masuk ke ruang debat kandidat. lagi-lagi aksi mereka dicegah oleh puluhan petugas keamanan yang sudah bersiaga.

Selanjutnya, karena gagal masuk mereka berteriak dan memaki-maki anggota KPU. Para pendukung cabup ini menuding KPU menghambur-hamburkan uang negara dengan menggelar debat kandidat di hotel mewah sementara warga Jombang tidak boleh dan tidak bisa menyaksikannya.

Emosi para pendukung pasangan cabup akhirnya bisa diredam setelah panitia menyediakan televisi di depan gedung tempat berlangsungnya debat kandidat.

Namun karena khawatir terjadi kericuhan, acara debat kandidat para calon bupati dan wakil bupati di batalkan.

"Kami terpaksa membatalkan acra debat, jadi tadi di dalam hanya tanya jawab saja antara panelis dan kandidat," terang Ketua KPU Jombang, Mahwal Huda di Hotel Yusro, Sabtu (1/6/2013).

Pilkada Kabupaten Jombang dijadwalkan digelar tanggal 5 Juni 2013. Ada tiga pasangan calon yang maju dalam pilkada tersebut.

Pertama pasangan nomor urut 1, Munir Alfanani-Wiwik Nuryati yang diusung PKB. Kemudian nomor urut 2, Widjono-Sumrambah (wira) yang diusung PDIP. Lalu Nomor urut 3, Nyono Suharli-Munjidah yang diusung partai Golkar dan PPP.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9078 seconds (0.1#10.140)