PDIP tarik dukungan untuk Farid-Sopyan Alex

Rabu, 29 Mei 2013 - 09:17 WIB
PDIP tarik dukungan untuk Farid-Sopyan Alex
PDIP tarik dukungan untuk Farid-Sopyan Alex
A A A
Sindonews.com - Usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menutup pendaftaran untuk calon Gubernur dan wakil gubernur, keputusan mengejutkan datang dari PDIP. Partai berlambang banteng tersebut mencabut dukungan untuk pasangan Farid Wadjdy dan Aji Sopyan Alex yang sudah didaftarkan pada Senin, 27 Mei 2013, lalu.

Belum jelas alasan pencabutan tersebut, namun Ketua DPD PDIP Kaltim Aji Sopyan Alex dan Sekretarisnya Edi Kurniawan dinonaktifkan dari jabatannya. DPP PDIP kemudian mengangkat pelaksana harian ketua yakni Dody Randonuwu dan pelaksana harian sekretaris Marten Apuy.

"Belum, kita masih dalam proses pembahasan. Masih ada hal yang krusial yang belum bisa kita sampaikan kepada publik," kata Dody usai bertemu Ketua KPU Kaltim ditemani Marten Apuy, Rabu (29/5/2013).

Ia menjanjikan akan secepatnya memberitahu kepada publik. "Besok akan kita sampaikan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kaltim Andi Sunandar membenarkan adanya pencabutan dukungan terhadap Farid Wadjdy dan Aji Sopyan Alex. Ia juga menunjukkan surat pencabutan tersebut kepada wartawan.

"Mereka datang menunjukkan surat yang ditujukan kepada Ketua KPU Kaltim terkait pencalonan dari PDIP. Juga ditunjukkan surat dari DPP PDIP bahwa hal itu (penunjukan Farid dan Sopyan Alex) bertentangan dengan peraturan di internal partai," kata Andi.

Ia menambahkan, KPU Kaltim juga ditunjukkan surat pembebasan tugas terhadap ketua dan sekretaris DPD PDIP Kaltim. Mengenai efek pencabutan dukungan dengan pencalonan tersebut, Andi mengaku masih mempelajarinya.

"Kami akan melihat peraturan terkait, saya minta waktu untuk mempelajarinya. Karena saya baru menerima suratnya dan belum mempelajarinya secara lebih detail," katanya.

Setelah jadwal pendaftaran ditutup, ada tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim yang maju di Pilgub Kaltim nanti yakni Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisyal yang diusung Golkar dan sembilan parpol lainnya, Farid Wadjdy dan Aji Sopyan Alex yang diusung PDIP dan PPP, serta Imdaad Hamid dan Ipong Muchlisoni yang bertarung melalui jalur independent. Pemilihan Gubernur Kaltim akan dilaksanakan pada 10 September 2013.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5731 seconds (0.1#10.140)