Gunung Dieng stabil, petani boleh masuk zona 1.000 meter

Kamis, 25 April 2013 - 08:43 WIB
Gunung Dieng stabil, petani boleh masuk zona 1.000 meter
Gunung Dieng stabil, petani boleh masuk zona 1.000 meter
A A A
Sindonews.com - Pasca gempa, pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (PVMBG), mengizinkan para petani di sekitar kawah Timbang Batur Banjarnegara Jawa Tengah masuk ke zona 1000 meter dari kawah timbang. Izin masuk diberlakukan hanya saat kondisi cuaca di sekitar kawah dalam keadaan cerah.

Portal penutup jalan dari Satlantas Polres Banjarnegara yang terpasang di jalan masuk, menuju kawah timbang saat ini telah dibuka, ratusan petani mulai beraktivitas menggarap lahan pertanian sayuran yang berada di lereng komplek Pengunungan Dieng, yang berjarak 1000 meter dari kawah timbang.

Pasca krisis gempa yang terjadi 19 April lalu, saat ini PVMBG mengizinkan petani masuk ke zona 1000 meter. Namun, izin masuk ini hanya berlaku saat kondisi cuaca sekitar kawah timbang dalam keadaan cerah.

Kepala pusat PVMBG surono menyatakan, ijin ini sebagai solusi agar kerugian petani akibat bencana kawah tidak terlalu besar. Namun, meski demikian warga dan petani yang berada dalam zona bahaya diminta tetap waspada, dan segera berlari ke luar area jika terjadi gempa.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4581 seconds (0.1#10.140)