Gempa di Kawah Timbang tak pengaruhi kawah beracun

Minggu, 21 April 2013 - 10:02 WIB
Gempa di Kawah Timbang tak pengaruhi kawah beracun
Gempa di Kawah Timbang tak pengaruhi kawah beracun
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, krisis kegempaan yang terjadi di Kawah Timbang, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, sampai saat ini tidak berpengaruh terhadap aktivitas kawah beracun.

Hal ini di sampaikan Kepala PVMBG Surono, yang tengah melakukan pantuan intensif terhadap aktivitas Kawah Timbang.

"Dari hasil pengukuran co2 yang dilakukan tim vulknologi, konsentrasi gas di sekitar kawah dan lokasi pemukiman warga tidak terdeteksi. Aktivitas kawah hingga saat ini masih di dominasi kepulan asap h2s yang membumbung hingga ketinggian antara 50 sampai 100 meter ke udara," jelas Surono, Minggu (21/4/2013).

Menurutnya, saat ini masih sering terjadi gempa. Namun, angka gempa yang tercatat tidak lebih dari 4 Scala Richter (SR).

"Untuk menghindari adanya ancaman gas beracun, saat ini warga dilarang masuk ke area lahan pertanian dalam jarak 1.000 meter dari Kawah Timbang. Karena, potensi gas beracun timbang bisa keluar dari pusat semburan dan rekahan tanah," jelasnya.

PVMBG hingga saat ini masih menetapkan status kawah berada pada level siaga. Untuk itu, warga diminta tidak panik dan tidak percaya pada isu-isu yang menyesatkan terkait erupsi Kawah Timbang.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5842 seconds (0.1#10.140)