Sembilan korban KM Arinda ditemukan mengapung

Jum'at, 19 April 2013 - 13:09 WIB
Sembilan korban KM Arinda ditemukan mengapung
Sembilan korban KM Arinda ditemukan mengapung
A A A
Sindonews.com - Tim evakuasi tenggelamnya kapal KM Arinda di perairan Sungai Mahakam, persisnya di Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Loa Janan, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) kembali menemukan sembilan jenazah. Kesembilan jenazah ini ditemukan tim evakuasi ketika mengapung di permukaan sungai.

"Data terakhir jam 10.56, yang dinyatakan pasti meninggal oleh tim DVI sebanyak 12 orang. Yang ditemukan hari ini saja ada sembilan orang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kaltim Wahyu Widhi Heranata, Jumat (19/4/2013).

Dia menambahkan, jenazah terjauh yang ditemukan hari ini di sekitar pabrik tahu di Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir, Samarinda. Jarak dari lokasi kejadian lebih dari 10 kilometer.

"Proses pencarian masih terus kita lakukan meski hujan saat ini sedang terjadi," tambahnya.

Kendala yang dihadapi selain hujan adalah jarak pandang di dalam air. Jarak pandang bahkan disebut tidak ada. Arus sungai yang deras juga menjadi kendala tim evakuasi. Pada pencarian Kamis, 18 April 2013, kecepatan arus sungai mencapai 5 knot. Ini yang menyulitkan penyelam melakukan penyisiran di dalam air.

"Yang selamat itu terkoreksi menjadi 41 orang. Ada yang masih diopname di Rumah Sakit IA Moeis satu orang atas nama Ayu," kata Wahyu.

Jumlah korban hilang juga terkoreksi. Jika data awal korban hilang 22 orang, kini menjadi 24 orang. Setelah 12 orang ditemukan, kini tinggal 12 orang dinyatakan hilang.

Sembilan orang yang ditemukan hari ini belum bisa dipastikan identitasnya. Pemeriksaan ante mortem masih dilakukan siang ini di Dermaga PT Kalamur yang menjadi markas tm DVI Polda Kaltim.

Seperti diberitakan sebelumnya, kapal pengangkut karyawan PT Kalamur tenggelam pada Rabu, 17 April 2013, sekira pukul 17.30. Kapal penumpang terbuat dari kayu itu karam sekira 15 meter jelang dermaga.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7987 seconds (0.1#10.140)
pixels