62 Ribu warga miskin Bandung dapat raskin gratis

Selasa, 16 April 2013 - 17:34 WIB
62 Ribu warga miskin Bandung dapat raskin gratis
62 Ribu warga miskin Bandung dapat raskin gratis
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Bandung menggratiskan beras untuk rakyat miskin (raskin) bagi 62.000 rumah tangga sasaran (RTS). Pemkot Bandung mengalokasikan subsidi sebesar Rp25 miliar untuk menggulirkan program tersebut.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Eli Wasiah menjelaskan, dengan adanya subsidi dari Pemkot Bandung, maka beras untuk masyarakat miskin di Kota Bandung gratis sampai tingkat RTS.

“Biaya operasional pengiriman sampai dibagikan kepada RTS ditanggung seluruhnya oleh Pemkot Bandung,” jelas dia, Selasa (16/4/2013).

Pihaknya, lanjut dia, melakukan pengawasan secara ketat atas pendistibusian beras raskin di kawasan ini.

Ketika disinggung masih adanya pungutan di beberapa wilayah, lanjut dia, Pemkot Bandung telah mendatangi dan meminta penjelasan kepada RW setempat. Ketika itu juga, pihaknya telah meminta pengurus RW tersebut mengembalikan pungutan sebesar Rp1.000 per kg.

Agar program tersebut tepat sasaran dan bebas dari pungutan, diperlukan peran serta masyarakat untuk melaporkan kepada dinas terkait apabila menemukan adanya pungutan raskin. Pemkot Bandung, lanjut dia, telah menyebarkan spanduk sampai tingkat RT untuk mensosialisasikan raskin gratis tersebut.

“Kami berharap, masyarakat yang masih menemukan adanya pungutan yang mengatasnamakan biaya operasional dan lainnya agar segera melapor. Kami akan tindak lanjuti, agar uang tersebut dikembalikan kepada warga,” imbuh dia.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0086 seconds (0.1#10.140)