Buruh Gresik kembali lumpuhkan Pantura

Selasa, 16 April 2013 - 11:32 WIB
Buruh Gresik kembali lumpuhkan Pantura
Buruh Gresik kembali lumpuhkan Pantura
A A A
Sindonews.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) kembali menuntut pemenuhan hak-hak normatif perburuhan di Kantor Disnaker Kabupaten Gresik. Dalam aksinya, para pengunjukrasa sempat melakukan blokir pintu masuk Tol Gresik hingga melumpuhkan lalu lintas di kawasan Pantura.

Sejak Selasa (16/4/2013) siang, kemacetan di jalur Pantura Gresik tidak terhindarkan karena sekira 150 buruh melakukan unjukrasanya dengan memblokir pintu masuk Tol Kebomas, Gresik.

Dengan membawa poster berisi tuntannya, ratusan buruh melakukan orasi dan memarkir sepeda motornya tepat di pintu masuk dan keluar tol Gresik.

Akibat aksi ini, ratusan mobil dan truk terjebak kemacetan di jalan tol dan jalur Pantura Gresik selama 30 menit.

Pengunjukrasa akhirnya membuka blokir dan melanjutkan unjukrasa di Kantor Disnaker Gresik setelah puluhan petugas Polres Gresik melakukan negosiasi dengan para pengunjuk rasa.

Dalam orasinya, mereka menuntut Disnaker Gresik memenuhi hak normatif perburuhan, tolak isi perjanjian kerja bersama (PKB) dan melaksanakan pengawasan hukum perburuhan.

Koordinator aksi, Agus Budiono mengatakan, blokir jalan tol sebagai ungkapan kekesalan buruh terhadap kinerja Disnaker yang dinilainya mandul.

"Disnaker seperti tak punya taring dan hanya menuruti keinginan pengusaha tanpa memperhatikan nasib buruh," katanya.

Para pengunjukrasa mengancam kembali beraksi dengan jumlah massa lebih besar jika Disnaker Gresik mengabaikan aspirasi para pengunjukrasa.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6687 seconds (0.1#10.140)