Antisipasi penyelundupan, 73 sipir dites Urine

Senin, 15 April 2013 - 13:12 WIB
Antisipasi penyelundupan,...
Antisipasi penyelundupan, 73 sipir dites Urine
A A A
Sindonews.com - Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Blitar berencana mengambil sampel urine 73 pegawai (sipir) yang bersinggungan langsung dengan para narapidana. Langkah itu untuk mengantisipasi terjadinya penyelundupan narkoba ke dalam lingkungan Lapas Blitar.

"Tahun lalu sudah kita lakukan (tes narkoba). Dan hasilnya negatif. Tahun ini akan kita lakukan lagi," ujar Kalapas Blitar Abdul Karim disela mendampingi inspeksi mendadak yang dilakukan BNN ke dalam Lapas Blitar Senin (15/4/2013).

Karim mengakui jika tahun lalu (2012)pihaknya telah kebobolan. Ada 2.000-an lebih pil koplo yang berhasil diselundupkan ke dalam lapas.

"Dua kali penyelundupan. Bulan Agustus 200 butir dan bulan Desember 2.000 butir. Semuanya disembunyikan lewat makanan," terangnya.

Dalam pemeriksaan, dipastikan tidak ada petugas lapas yang terlibat. Pelaku murni dilakukan penghuni yang bekerja sama dengan orang luar.

"Alhamdulillah, petugas kami bersih. Namun tetap tes urine akan kami lakukan lagi," jelas Karim.

Sementara dalam sidak yang dilakukan petugas BNN, dipastikan ada tiga orang penghuni yang positif mengkonsumsi narkoba.

Ketiga orang yang menggunakan sabu dan ganja tersebut merupakan napi pindahan dari Rutan Medaeng.

Dalam uji tes ini, petugas mengambil sampel urine 100 orang napi yang 23 diantaranya merupakan pindahan dari lapas lain, termasuk Medaeng.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3258 seconds (0.1#10.140)