Naskah UN tiba di Kepulauan Karimunjawa

Minggu, 14 April 2013 - 02:03 WIB
Naskah UN tiba di Kepulauan Karimunjawa
Naskah UN tiba di Kepulauan Karimunjawa
A A A
Sindonews.com - Puluhan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun yang sederajat di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, dipastikan bisa mengikuti Ujian Nasional (UN) yang mulai digelar Senin 15 April 2013.

Sebab, Sabtu (13/4/2013) ini, naskah mata pelajaran yang diujikan dalam UN sudah sampai di kepulauan yang ada di Laut Jawa tersebut.

Di Karimunjawa ada dua SMA atau sederajat yang melaksanakan UN bagi para pelajarnya. Yakni SMK 1 Karimunjawa dengan 55 siswa dan MA Safinatul Huda dengan 28 siswa peserta UN.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Khusairi mengatakan naskah UN untuk pelajar Karimunjawa dikirim Sabtu (13/4) pukul 08.00 WIB. Proses pengiriman menggunakan Kapal Motor Cepat (KMC) Express Cantika dengan pengawalan ketat beberapa personil polisi dari Polres Jepara.

Untung saja, kata Khusairi, ombak dan cuaca di laut mendukung. Sebab meski dalam beberapa hari terakhir mendung tebal menggelayuti wilayah Kabupaten Jepara, namun saat proses pengiriman naskah UN, ombak di laut tenang dan cuaca juga cerah.

Tinggi gelombang saat pengiriman naskah UN sekitar 0,5 meter dengan kecepatan angin sekitar 5 knot. "Sehingga naskah UN bisa sampai di Karimunjawa dengan selamat sekitar pukul 10.00 WIB," kata Khusairi, di Karimunjawa, Sabtu (13/4/2013).

Menurut Khusairi, pengiriman naskah UN Karimunjawa setiap tahunnya memang selalu dikirim lebih awal dibandingkan sekolah lainnya di wilayah Jepara. Langkah ini diterapkan karena Kepulauan Karimunjawa terletak di Laut Jawa sehingga untuk sampai ke kawasan tersebut harus malalui jalur laut.

Selain itu, juga karena faktor cuaca di laut yang terkadang sulit diprediksikan. "Makanya sekolah di Karimunjawa kita prioritaskan. Kalau sekolah yang lain naskah UN baru kita kirim Minggu (14/5) ke rayon. Setelah itu Senin (15/4) pagi baru didistribusikan ke sekolah masing-masing," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7343 seconds (0.1#10.140)