Lapas Cebongan saingi Alcatraz

Jum'at, 12 April 2013 - 18:39 WIB
Lapas Cebongan saingi Alcatraz
Lapas Cebongan saingi Alcatraz
A A A
Sindonews.com – Jika di Amerika terdapat Penjara Alcatraz yang terkenal, di Indonesia kini Lapas Cebongan Sleman mulai membuat penasaran sejumlah wisatawan. Saat berlibur ke Yogyakarta, banyak wisatawan yang minta diantar untuk sekedar berfoto didepan Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan kasus cebongan telah menjadi perbincangan di kancah internasional. Tidak heran jika banyak wisatawan yang penasaran untuk melihat keangkeran lapas kelas IIB Sleman ini.

“Saya sudah diminta untuk mengantarkan rombongan, dari Bandung dan Toraja,” jelas Deddy di Kota Yogyakarta, Jumat (12/4/2013).

Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) ini mengaku jika kedatangan wisatawan memang tidak hanya tertuju di Lapas Cebongan. Mereka datang untuk berwisata di obyek wisata yang ada di Yogyakarta.

Saat santai atau menuju di sekitar lokasi inilah banyak yang minta untuk berhenti. Kebetulan lokasi ini juga dekat dengan sentral kerajinan dan rumah makan.

Ketika berada di lapas mereka tidak banyak melakukan aktivitas apapun.
Lapas sendiri juga tertutup bagi wisatawan untuk berkunjung. Mereka hanya beberapa menit transit untuk sekedar berfoto.

“Semoga ini bisa menunjukkan jika Yogyakarta itu aman dan bisa dikunjungi bagi wisatawan,” tegas pemilik Ruba Graha Hotel ini.

Sementara itu, Ketua Asosiasi tour and Travel Indonesia (Asita) Edwin Ismedi Himna, mengatakan tidak ada paket wisata yang khusus menawarkan paket ke Lapas Cebongan. Hingga kini belum banyak rombongan wisatawan yang minta berkunjung ke Lapas.

“Kita tidak ada, mungkin hanya sebagian kecil saja,” jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6768 seconds (0.1#10.140)