Keluarga korban Cebongan datangi Komnas HAM

Kamis, 11 April 2013 - 11:43 WIB
Keluarga korban Cebongan datangi Komnas HAM
Keluarga korban Cebongan datangi Komnas HAM
A A A
Sindonews.com - Untuk mengetahui perkembangan kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman, keluarga tahanan yang tewas mendatangi Kantor Komnas HAM.

Keluarga korban juga mendesak agar Komnas HAM turun tangan untuk melakukan penyelidikan pro justisia terkait dengan penyerangan dan pembantaian di Lapas II B Cebongan.

Peristiwa di Lapas II B Cebongan, Sleman, Yogyakarta telah menewaskan empat orang atas nama Hendrik Banyamin Sahetapy Engel alias Deki, Yohanis Juan Mambait alias Juan, Adrianus Chandra Galaja alias Dedi, dan Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi.

Keluarga korban menilai bahwa peristiwa penyerangan di Lapas II B Cebongan, Sleman Yogyakarta telah mengarah pada adanya unsur perencanaan penyerangan yang dilakukan oleh aparat negara terhadap masyarakat sipil dan patut diduga telah terjadi kejahatan terhadap kemanusiaan dalam peristiwa ini.

Selanjutnya, keluarga korban menduga bahwa ini adalah tindak kejahatan sebagaimana yang telah disebutkan dalam Pasal 9 UU No. 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6282 seconds (0.1#10.140)