Mobil Kijang terguling, 5 tewas

Rabu, 10 April 2013 - 18:22 WIB
Mobil Kijang terguling,...
Mobil Kijang terguling, 5 tewas
A A A
Sindonews.com - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Raya A Yani, Kelurahan Procot, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Rabu pagi, sekira pukul 09.00 WIB.

Kecelakaan melibatkan mobil rombongan pegawai Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat, Kabupaten Tegal, dengan nomor polisi G 8681 D.

Penyebab kecelakaan yakni akibat ban belakang bagian kiri mobil Toyota Kijang itu bocor. Hal itu mengakibatkan kendaraan oleng, menyerempet sepeda motor, hingga akhirnya terguling dengan posisi ban di atas.

Akibat kecelakaan maut itu, lima orang tewas seketika di tempat kejadian perkara, dan lima lainnya luka-luka. Seluruh korban dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soeselo Slawi, Kabupaten Tegal. Kelima orang korban tewas adalah Haryoso (42); Kholid (40); Widodo (51); Aminudin (45); dan Subagdo (40).

Korban tewas seluruhnya merupakan warga Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes. Hanya korban Widodo yang rumahnya di Desa Tembok, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Sedangkan lima korban luka yakni sopir Suparlan (42); Amir Aziz (51); Suryaman (40); Purnomo (45); dan Purwanto (42).

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, kecelakaan bermula saat mobil pegawai Perhutani, melaju dari Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) Kabupaten Tegal. Mereka hendak pulang menuju kantor KPH Pekalongan Barat di Tembok Luwung Adiwerna atau berjarak sekitar 1 km. Setelah sebelumnya, mereka mengikuti kegiatan senam dan jalan santai bertajuk Sinergitas TNI-Polri-Pemkab Tegal di Trasa.

Mereka menumpangi mobil milik Suparlan yang sekaligus mengemudikannya. Dalam mobil itu terdapat 10 orang. Dua orang duduk di depan, empat orang di bagian tengah dan empat lainnya di belakang.

Kendati jarak Tras dan kantor mereka tidak begitu jauh tapi Suparlan mengemudikannya dengan kecepatan tinggi hingga lebih dari 70 km per jam menuju sebelah utara (Kota Tegal).

Begitu tiba di Jalan Raya A Yani Procot di sebelah utara kantor Pengadilan Negeri Slawi, ban kendaraan bagian belakang mendadak bocor. Hal itu membuat kendaraan oleng ke kanan. Suparlan khawatir kendaraannya menabrak kendaraan dari lawan arah. Suparlan membanting kemudinya ke arah kiri.

Nahas, di lajur kiri terdapat kendaraan sepeda motor dengan nomor polisi G 3168 BZ yang dikendarai Nurokhim, staf di kantor Kesra Pemkab Tegal. Mobil menyerempet sepeda motor hingga akhirnya terjatuh. Sedangkan Nurokhim sendiri mengalami luka ringan.

Sementara mobil muatan padat itu menabrak pot pohon berbahan semen. Lantas mobil terbalik ke kanan dengan posisi seluruh ban di atas.

"Saya hanya melihat mobil terbalik, dengan seluruh penumpangnya tergencet di dalam mobil itu," ujar salah satu saksi mata di lokasi kejadian, Besti TF (25), warga Brebes, Rabu (10/4/2013).

Polisi terus melakukan penyelidikan terkait kasus kecelakaan ini.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9095 seconds (0.1#10.140)