Peserta UN di Majalengka 9.659 siswa

Senin, 08 April 2013 - 16:12 WIB
Peserta UN di Majalengka 9.659 siswa
Peserta UN di Majalengka 9.659 siswa
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 9.659 siswa SMA/SMK/sederajat di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terdaftar sebagai calon peserta Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2012/2013 mendatang. Hal tersebut seperti data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Majalengka.

Dari 9.659 siswa yang terdaftar sebagai calon peserta UN tersebut, siswa dari SMK merupakan siswa yang paling banyak yakni sebanyak 4.659 orang. Disusul kemudian siswa dari SMA sebanyak 3.852 orang.

“Untuk MA, siswa yang terdaftar sebagai calon peserta UN sebanyak 1148 orang. Adapun jumlah sekolah yang akan menyelenggarakan UN sebanyak 68 sekolah,” kata Kepala Disdik Kabupaten Majalengka, Sanwasi.

Dijelaskan dia, jumlah siswa yang akan mengikuti UN tersebut menglami penambahan dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun ajaran 2011/2012 lalu, jumlah siswa yang mengikuti UN sebanyak 9.015 orang siswa.

“Ada peningkatan jumlah peserta. Mudah-mudahan, pada hari H nanti, mereka bisa mengikuti UN semua, tidak ada halangan apapun,” jelas dia.

Sanwasi menyebutkan, sebelum hari H pelaksanaan, jelas dia, pihaknya berencana untuk menggelar do’a bersama yang melibatkan semua peserta UN.

“Untuk yang muslim mungkin dalam bentuk Istigotsah. Adapun yang Kristiani, mereka akan didampingi oleh guru yang juga Kristiani, berdo’a di gereja terdekat. Mekanismenya sendiri, akan kami bicarakan segera, apakah dipsatkan di satu titik atau di masing-masing sekolah,“ papar dia.

“Setelah berbagai persiapan sudah dilakukan, dantaranya penambahan jam pelajaran, yakni pengayaan, sudah selayaknya anak-anak melakukan pendekatan secara religius, yakni berdoa,” lanjut dia.

Lebih jauh Sanwasi menegaskan pihaknya oftimis terkait kerahasiaan soal Ujian tersebut. Kendati demikian, Sawasi tetap mengimbau siswa untuk tidak tertipu jika ada SMS sebaran kunci jawaban.

“Kami optimis tidak ada bocoran kunci jawaban. Karena Itu sudah diantisifasi oleh pemerintah,” tegas dia.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6216 seconds (0.1#10.140)