15 kawah di Pegunungan Dieng diperiksa PVMBG

Minggu, 07 April 2013 - 16:24 WIB
15 kawah di Pegunungan Dieng diperiksa PVMBG
15 kawah di Pegunungan Dieng diperiksa PVMBG
A A A
Sindonews.com - Terkait adanya aktivitas kawah timbang di Batur Banjarnegara Jawa Tengah, yang mengeluarkan gas beracun dan asap belerang putih pekat, pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi kini memeriksa 15 kawah yang berada di Pegunungan Dieng.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui dampak, dan pengaruhnya akibat aktivitas kegempaan di kawah timbang. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, saat ini tengah memeriksa 15 kawah yang berlokasi di Pegunungan Dieng Banjarnegara Jawa Tengah.

Salah satu kawah yang di periksa adalah Kawah Sileri, dari hasil pantauan petugas vulknologi mendapati volume air kawah berkurang, suara blezer terdengar lemah dan suhu air kawah sebesar 54,6 derajat celcius.

Sementara pengukuran gas yang dilakukan di Kawah Sileri,hanya mendeteksi adanya H2S sebesar 2 PPM dan gas berbahaya tidak terdeteksi. Pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi menyatakan, kondisi kawah sileri dan 14 lainya, dalam keadaan normal dan tidak terpengaruh dampak kegempaan kawah timbang. Semua kawah selain timbang dinyatakan aman untuk kunjungan wisatawan.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7168 seconds (0.1#10.140)