PVMBG periksa 4 kawah disekitar Kawah Timbang

Jum'at, 05 April 2013 - 10:48 WIB
PVMBG periksa 4 kawah...
PVMBG periksa 4 kawah disekitar Kawah Timbang
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanolgi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) hari ini memeriksa empat kawah yang lokasinya berdekatan dengan Kawah Timbang di Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui aktivitas kawah terkait pengaruh kegempaan di Pegunungan Dieng.

Empat kawah yang di periksa adalah Kawah Sinila, Sigludug, Sibanger, dan Kawah Wanapriya. Lokasi kawah ini berdekatan pada radius dua hingga empat kilometer dari Kawah Timbang.

Petugas vulkanologi memeriksa kadar CO2, H2S dan CO, namun hingga saat ini belum ada peningkatan dan masih dinyatakan aman.

"Pemeriksaan ini kami lakukan di empat kawah, karena kawah tersebut lokasinya berdekatan dengan (Kawah) Timbang," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Tunut Pujiarjo, Jumat (5/4/2013).

Sementara pantauan tim vulkanologi menyatakan aktivitas Kawah Timbang hingga kini masih mengeluarkan asap putih pekat belerang, luncuran gas ke arah selatan tidak terlihat. Namun asap putih masih terus membumbung hingga ketinggian 100 meter.

Semburan gas CO2 sudah mulai berkurang namun volume asap H2S justru mengalami peningkatan.

PVMBG masih menetapkan status siaga dan warga diimbau untuk tidak masuk dalam zona bahaya 1.000 meter dari Kawah Timbang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3914 seconds (0.1#10.140)