Busung lapar, 95 warga Papua meninggal

Rabu, 03 April 2013 - 19:18 WIB
Busung lapar, 95 warga Papua meninggal
Busung lapar, 95 warga Papua meninggal
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 95 warga tiga kampung di Distrik Kwoor Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, meninggal dunia. Yang memprihatinkan, kematian warga yang mencapai ratusan tersebut dikarenakan busung lapar dan wabah penyakit.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, Rabu (3/4/2013), tiga kampung yang terserang busung lapar tersebut diantaranya, Kampung Baddei, Kampung Jokjoker, dan Kampung Kasyefo. Sebagian besar dari mereka kebanyakan merupakan anak-anak.

Kini, ratusan warga tengah ketiga kampung tersebut sudah mengungsi ke Distrik Sausapor, Ibu Kota Kabupaten Tambaruw, guna mendapatkan perhatian, dan pelayanan kesehatan yang memadai.

Berdasarkan data yang dihimpun Sindo, saat ini sebanyak 10 daerah di Provinsi Papua masih rawan terjadi kelaparan. Terutama di daerah pemekaran pegunungan Jayawijaya, pemekaran Paniai, Boven Digul dan Asmat.

Kebanyakan dari mereka adalah warga yang berada di daerah pegunungan yang hanya menanam umbi-umbian sebagai makanan. Bila hujan es turun maka tanaman akan mati, karena membusuk. Sehingga ketika terendam umbi-umbian tersebut membusuk. padahal, itu merupakan makanan pokok mereka sehari-hari. Sementara lokasi mereka sulit ditembus untuk memberikan bantuan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6694 seconds (0.1#10.140)