SMPN 1 Makale terancam batal ke ajang i-ENVEX

Selasa, 02 April 2013 - 13:33 WIB
SMPN 1 Makale terancam batal ke ajang i-ENVEX
SMPN 1 Makale terancam batal ke ajang i-ENVEX
A A A
Sindonews.com - Anselmus Pasila Galla, siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Makale terancam batal mewakili Indonesia di ajang Internasional Engineering Invention and Innovation Exhibition (i-ENVEX) 2013 di Malaysia. Pasalnya, keberangkatan Anselmus ke Malaysia terkendala anggaran.

Kepala SMPN 1 Makale, Pedi mengakui pihak sekolah mengalami kesulitan pendanaan untuk biaya keberangkatan Anselmus. Kondisi tersebut membuat Anselmus yang satu-satunya wakil Indonesia dari kawasan Indonesia Timur terancam gagal berangkat.

Pihak SMPN 1 Makale pun sudah melaporkan masalah pendanaan ke pemerintah kabupaten Tana Toraja melalui dinas pendidikan (Disdik) dan DPRD setempat. Namun, tidak ada solusi dari dua lembaga tersebut.

Menurutnya, pihak sekolah akan tetap berupaya semaksimal mungkin agar siswanya tetap berangkat mewakili Indonesia diajang i-ENVEX 2013 di Malaysia. Salah satu usaha yang akan dilakukan yakni melalui aksi bazaar serta donator. Perkiraan dana yang dibutuhkan paling sedikit Rp20 juta.

“Kami akan berupaya menggalang dana dari berbagai donator agar siswa kami tetap berangkat mengikuti ajang i-ENVEX 2013. Kalau mengharap bantuan dana dari pemerintah sangat kecil kemungkinannya,” ujar Pedi di Makale, Selasa (2/4/2013).

Kepala Dinas Pendidikan Tana Toraja, Yohanis Titing dikonfirmasi SINDO menyatakan dinas pendidikan tidak mempunyai anggaran khusus untuk biaya keberangkatan siswa SMPN 1 mengikuti ajang i-ENVEX di Malaysia.

Dirinya berdalih, keikutsertaan siswa SMPN 1 Makale di ajang i-ENVEX tidak masuk dalam program dinas pendidikan melainkan kegiatan itu bersifat undangan

“Karena tidak ada anggarannya di dinas pendidikan dan bukan program dinas pendidikan, biaya keberangkatan siswa SMPN 1 mengikuti ajang i-ENVEX kami kembalikan ke pihak sekolah,” kata Yohanis.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6645 seconds (0.1#10.140)