Penyebab terbesar kecelakaan di Blitar adalah mabuk

Senin, 01 April 2013 - 01:54 WIB
Penyebab terbesar kecelakaan di Blitar adalah mabuk
Penyebab terbesar kecelakaan di Blitar adalah mabuk
A A A
Sindonews.com - Mabuk di luar kendali menjadi penyebab terbesar kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di enam wilayah Kecamatan Kabupaten Blitar.

Dari 32 lakalantas yang tercatat mulai Januari hingga Maret 2013, 12 kasus diantaranya merenggut korban jiwa (tewas).

“Dari penyelidikan yang kita lakukan 50 persennya disebabkan pengaruh alkohol,“ ujar Kapolresta Blitar Ajun Komisaris Besar Polisi Indarto, Minggu (31/3/2013).

Dari rekap data yang ada, laka lantas yang diantaranya terjadi di Kecamatan Srengat, Wonodadi, Ponggok, Udanawu dan Sanankulon. Sebagian besar dilakukan pengguna kendaraan roda dua. Selain kecelakaan tunggal, laju motor yang tidak terkendali tersebut juga mencelakakan orang.



“Tentunya pengaruh alkohol ini terbukti membahayakan jiwa orang lain,“ terangnya.

Yang memprihatinkan, dari sejumlah pelaku lakalantas beberapa diantaranya berstatus dibawah umur (belum dewasa).

Dicontohkan kecelakaan yang terjadi di Kecamatan Srengat. Menurut Indarto, selain tidak mengenakan helm, motor yang terpacu tinggi itu melaju melawan arus jalan.

Saat diperiksa, pengendara yang masih anak-anak itu dalam kondisi mabuk. Tidak ada SIM dan diokumen kelengkapan kendaraan.

“Pada kasus ini kita sudah berkoordinasi dengan kejaksaan dan pengadilan agar mengganjar hukuman yang bisa menjadi syok terapi pada yang bersangkutan,“ tegasnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1818 seconds (11.97#12.26)