Penyerang LP Sleman bawa surat berkop Polda DIY

Sabtu, 23 Maret 2013 - 16:54 WIB
Penyerang LP Sleman...
Penyerang LP Sleman bawa surat berkop Polda DIY
A A A
Sindonews.com - Penyerangan di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta sangat rapi. Awalnya mereka masuk dengan membawa surat dengan kop Polda DIY.

Kapolda DIY, Brigjen Pol. Sabar Rahardjo mengatakan, para penyerang LP Sleman menggunakan penutup wajah sehingga sulit dikenali. Dari belasan orang yang datang, awalnya hanya empat orang yang masuk membawa surat untuk meminjam empat tahanan, yakni Hendrik Angel Sahetapi alias Deki (31), Yohanes Juan Mambait (38), Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi (29), dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi (33).

Keempatnya merupakan pelaku penganiayaan hingga menewaskan anggota TNI AD, Sersan satu Santoso, pada Selasa (19/3/13) dini hari lalu di Hugo's Kafe, Jalan Adisutjipto, km 8,5, Maguwoharjo, Sleman.

"Saat akan memasuki Lapas, ada empat orang terlebih dahulu yang mencoba masuk dengan cara memperkenalkan diri kepada penjaga Lapas, bahwa mereka dari Polda DIY untuk meminjam empat tersangka tersebut. Hal itu dibuktikan dengan menggunakan surat yang dibuat dan juga pada Kop suratnya (kepala surat) ada keterangan bertuliskan Polda DIY," ujarnya di Lapas Cebongan, Sleman, Sabtu (23/2/2013).

Awalnya, peminjaman empat tersangka tersebut ditolaknya oleh penjaga Lapas. Mendapat penolakan tersebut, orang-orang tak dikenal itu salah satunya mengancamnya dengan menggunakan granat yang telah disiapkan.

Kemudian setelah bisa masuk, orang-orang tak dikenal ini memaksa para penjaga Lapas untuk menunjukkan dimana letak keempat tersangka ditahan. Pemaksaannya ini dengan cara, petugas diinjak-injak, dipukuli, hingga ditodong senjata api laras panjang.

Akhirnya, petugas lapas terpaksa menunjukan ruang tahanan keempat tahanan tersebut.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)