RSUD Sidoarjo diserbu pasien DBD

Sabtu, 23 Maret 2013 - 14:44 WIB
RSUD Sidoarjo diserbu pasien DBD
RSUD Sidoarjo diserbu pasien DBD
A A A
Sindonews.com - Menjelang akhir Maret 2013 jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Sidoarjo meningkat. Saat ini RSUD Sidoarjo mencatat, terdapat 209 pasien yang dirawat. Jumlah ini meningkat dibanding bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Pada tahun 2012 lalu, tercatat hanya 110 pasien yang dirawat. Kini secara keseluruhan menjelang akhir triwulan pertama tahun 2013 ini, jumlah pasien DBD di RSUD Sidoarjo mencapai 675 orang. Lima orang diantaranya meninggal dunia.

Sementara, pada triwulan pertama tahun sebelumnya, jumlah pasien hanya 301 pasien, dengan pasien meninggal empat orang.

Dari sejumlah wilayah di Sidoarjo, peningkatan pasien DBD rata-rata didominasi tiga kecamatan, masing-masing kecamatan Sidoarjo Kota, Buduran, dan Waru yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya.

Humas RSUD Sidoarjo, Ahmad Zainuri menegaskan, peningkatan kasus penyakit ini memang signifikan pada musim pancaroba. Keterlambatan membawa pasien ke rumah sakit menjadi pemicu bertambahnya korban tewas.

"Rata-rata yang tidak tertolong karena terlambat dibawa ke rumah sakit," ujarnya di RSUD Sidoarjo, Sabtu (23/3/2013).

Lebih lanjut pihak rumah sakit menganjurkan agar keluarga pasien dan masyarakat umum tidak hanya mengandalkan foging. Namun ikut menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi tempat perkembangan nyamuk aedes aegypti.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7572 seconds (0.1#10.140)