Kaltim geram Pulau Balabalakan masuk sketsa wilayah Sulbar

Jum'at, 22 Maret 2013 - 14:37 WIB
Kaltim geram Pulau Balabalakan masuk sketsa wilayah Sulbar
Kaltim geram Pulau Balabalakan masuk sketsa wilayah Sulbar
A A A
Sindonews.com - Polemik Pulau Balabalakan yang diperebutkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dinyatakan memang belum memiliki batas teritorial yang jelas.

Saat ini, batas tersebut baru sebatas sketsa, belum koordinat. Sketsa tersebut memuat Pulau Balabalakan masuk ke Sulbar. Atas dasar itu, Pemerintah Provinsi Kaltim keberatan dengan sketsa tersebut.

"Karena belum dalam bentuk koordinat, maka kami minta ke pemerintah pusat untuk memfasilitasi pertemuan mengenai batas wilayah ini," kata Kepala Biro Kerjasama dan Penataan Wilayah Setprov Kaltim, Tri Murti Rahayu, Jumat (22/3/2013).

Ia menjelaskan, Balabalakan adalah kepulauan. Warga di sana ada yang ber-KTP Kaltim dan adapula yang ber-KTP Sulbar. Namun untuk akses transportasi, penduduk Pulau Balabalakan harus ke Kaltim dulu jika ingin ke Sulbar.

"Kaltim mengajukan keberatan atas sketsa yang dibuat soal batas dua provinsi ini. Dan kami meminta pemerintah pusat memfasilitasi keberatan kami," katanya.

Saat ini Kaltim sendiri menunggu tindak lanjut dari pemerintah pusat. Namun Pemprov Kaltim berharap, Pulau Balabalakang masuk ke Provinsi Kaltim, dan menjadi bagian Kabupaten Paser.

"Kami ingin ada pertemuan khusus membahas ini dan melakukan survei bersama-sama. Setelah pertemuan itu, sesuai Permendagri paling lambat enam bulan sudah keluar keputusannya," kata Tri.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4169 seconds (0.1#10.140)